Priangga Otviapta Bukan blogger pemula, tetapi juga bukan blogger mastah. Hanya seorang blogger Pontianak yang senang berbagi cerita pribadi di dunia maya. Selain itu saya juga suka melakukan review suatu produk. https://www.priangga.web.id/jasa-review-berkualitas Kerjasama email ke: [email protected]

Cara Menghapus Cache Whatsapp di Android

1 min read

Penggunaan WhatsApp sebagai media sosial saat ini memang sudah tidak terhindarkan. Dengan menggunakan aplikasi sosial media yang satu ini para penggunanya dapat mudah untuk mengirimkan pesan teks, gambar, video, pesan suara, video call, melakukan dan menerima panggilan. Selain itu kamu juga bisa menggunakan WhatsApp sebagai media untuk melakukan komunikasi dengan banyak orang dalaknisatu ruang, misalnya dengan membuat group WhatsApp.

Namun, terkadang terlalu banyak penggunaan chat WhatsApp yang menumpuk dalam memori akan menyebabkan hp menjadi lemot dan terasa berat dalam hal penyimpanan. Sehingga kita perlu tau cara menghapus cache WhatsApp agar ruang penyimpanan hp menjadi terasa lebih ringan.

Lalu bagaimana cara menghapus cache pada WhatsApp kamu? Nah, pada kesempatan ini akan dijelaskan cara tersebut agar ruang penyimpanan pada hp terasa lebih ringan.

Cara Menghapus Cache WhatsApp

Untuk menghapus cache yang ada di dalam WhatsApp kita tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan atau aplikasi bantuan dari pihak ketiga. Dengan cara ini bertujuan untuk menghapus aktifitas chat yang ada di dalam akun WhatsApp kamu. Berikut ini adalah langkah-langkah menghapus cache WhatsApp:

  • Langkah yang pertama adalah dengan membuka akun WhatsApp yang ada pada android yang kamu miliki seperti biasa. Kemudian selanjutnya untuk masuk ke menu setelan maka kamu perlu klik utility WhatsApp atau titik tiga WhatsApp yang ada pada pojok kanan atas tampilan.
  • Setelah kamu klik utility WhatsApp atau titik tiga pada WhatsApp akan muncul beberapa pilihan dan disitu kamu klik “Setelan” atau “Setting” untuk masuk ke menu pengaturan.

  • Kemudian akan muncul tampilan pengaturan yang telah kamu pilih tadi, nah untuk cara menghapus cache WhatsApp yaitu dengan klik “penggunaan dan penyimpanan”. Yaitu seluruh data pada ruang penyimpanan yang telah terpakai karena aktifitas WhatsApp yang kamu lakukan.

  • Dan selanjutnya kamu akan masuk ke tampilan berbeda, dan pilih “penggunaan penyimpanan” untuk mengetahui jumlah chahe yang ada pada akun WhatsApp yang bisa mempengaruhi kondisi hp kamu.

  • Pada tampilan selanjutnya setelah melakukan cara di atas akan mengarah pada setiap chat yang kamu lakukan. Kemudian disitu tertera pula berapa ukuran file dari setiap percakapan yang kamu lakukan dengan setiap kontak yang kamu punya pada akun WhatsApp tersebut dengan ukuran file yang tertera.

  • Chat dengan ukuran banyak tersebut yang bisa mengakibatkan ruang penyimpanan menjadi penuh sehingga mengganggu aktivitas yang kamu lakukan pada hp. Dan apabila kamu ingin menghapus cache pesan pada kontak kamu tersebut klik salah satu (lebih baik hapus chat yang kurang penging dan menghabiskan ruang penyimpanan).
  • Setelah itu, akan muncul rincian dari chat yang kamu lakukan dengan penggunaa WhatsApp lain. Dan pilih “kosongkan ruang” pada bagian pojok kanan bawah tampilan.

  • Selanjutnya akan muncul tampilan dengan ukuran file yang akan kamu hapus. Dan untuk membersihkannya kamu tinggal klik “hapus item” dengan rincian ukuran yang ada pada pada bagian pojok kanan bawah tampilan.

  • Untuk meyakinkan kamu kembali apakah ingin menghapus pesan dengan kontak atau pengguna lain maka akan muncul tampilan menu persetujuan. Kemudian pilih “bersihkan pesan”.

  • Setelah itu, maka pesan yang kamu lakukan dengan pengguna atau kontak lain akan terhapus tanpa menghapus pesan dan data lain yang sekiranya penting dan tidak kalian pilih.

Itulah cera menghapus cache WhatsApp yang bisa kamu lakukan untuk lebih meringankan memori sehingga tidak memberatkan hp kamu saat sedang melakukan aktivitas lainnya.

Referensi: Mastekno.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *