Priangga Otviapta Bukan blogger pemula, tetapi juga bukan blogger mastah. Hanya seorang blogger Pontianak yang senang berbagi cerita pribadi di dunia maya. Selain itu saya juga suka melakukan review suatu produk. https://www.priangga.web.id/jasa-review-berkualitas Kerjasama email ke: [email protected]

Memaksimalkan Cara Berjualan di Instagram dengan Penggunaan Fitur dan Estetika Postingan

3 min read

Cara Berjualan di Instagram

Perkembangan bisnis yang mulai merambah sosial media membuat banyak pebisnis yang mulai menggunakan sosial media sebagai ruang berbisnisnya. Instagram menjadi sosial yang memiliki peringkat teratas. Orang mulai menggunakan berbagai cara berjualan di instagram untuk menarik pembeli mulai dari permainan warna, kata kunci, hingga fitur paid promote Instagram.

Berbagai artikel di mesin pencari mulai membahas mengenai cara berjualan ini. Hal ini diakibatkan oleh banyak jasa penulis artikel yang mendapatkan pekerjaan untuk membahas tema ini. Atas dasar tersebut, kami merangkum beberapa artikel yang membahas cara berjualan yang baik untuk meningkatkan jangkauan dan penjualan melalui Instagram.

Penggunaan Algortima untuk Menjangkau Pembeli

Terdapat banyak fitur tambahan yang bisa digunakan untuk berjualan di Instagram. Algoritma yang ditulis pada Instagram memungkinkan para penggunanya untuk memilah segmentasi dan mendapatkan konsentrasi promosi yang lebih baik. Maka dari itu, kami telah merangkum beberapa fitur tambahan yang bisa digunakan

  1. Memperhatikan Segmentasi dan Hashtag yang Digunakan

Hal yang pertama kali harus Anda pahami dalam berjualan di Instagram adalah memperhatikan segmentasi pembeli dan menggunakan hashtag. Dengan memahami segmentasi pembeli yang benar, Anda akan secara mudah memilah penggunaan hashtag dan atribut untuk mendukung penjualan di Instagram.

Anda dapat menyesuaikan penggunaan keyword yang akan digunakan dengan segmentasi. Selain memilah penggunaan keyword, memperhatikan segmentasi pembeli dapat meningkatkan kesempatan Anda untuk lebih dekat dengan calon pembeli. Sehingga Anda dapat bersaing baik di irisan dengan penjual lain atau berada di segmen yang belum dijamah.

  1. Menggunakan Akun Bisnis

Hal kedua yang harus dilakukan dalam menggunakan algoritma Instagram adalah menggunakan akun bisnis. Akun bisnis meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk yang dijual. Dengan akun bisnis, Anda juga bisa memantau perkembangan visitasi para calon pembeli kepada produk Anda.

Untuk membuat akun bisnis juga tergolong mudah. Sebaiknya Anda memiliki akun Instagram toko pribadi Anda lalu dapat mengubahnya menjadi mode bisnis. Keuntungan lain menggunakan akun bisnis adalah Anda diminta untuk juga membuat Facebook Page. Hal ini untuk menambah ruang promosi dan jangkauan promosi produk yang dilakukan.

  1. Melakukan Paid Promote Instagram

Fenomena yang jualan di Instagram yang terjadi saat ini adalah memanfaatkan fitur Endorse dan Paid Promote. Untuk fitur Endorse, Anda dapat meminta bantuan kepada teman yang memiliki pengikut cukup banyak atau menyewa para selegram untuk memunculkan produk Anda di story ataupun feed mereka.

Untuk fitur Paid Promote, Anda dapat mencoba menggunakan 2 cara yaitu menggunakan fitur secara langsung melalui Instagram atau menggunakan perantara sebuah kegiatan. Jika menggunakan fitur Instagram, Anda dapat menentukan wilayah serta segmen calon pembeli sehingga Anda bisa mengetahui berapa banyak pengguna Instagram yang dapat dijangkau.

  1. Mengatur Jadwal Postingan

Algoritma Instagram juga memperhatikan retensi dan pengulangan postingan Instagram Anda. Waktu aktif para pengguna Instagram setiap daerah berbeda-beda sehingga Anda harus memperhatikan dan menyesuaikan waktu postingan. Sehingga postingan Anda dapat menjangkau para calon pembeli.

Anda juga dapat menjadwalkan postingan Anda sehari sebanyak 3x dengan jadwal postingan yang disesuaikan dengan prime time para pengguna Instagram. Teknik ini dapat menempatkan postingan Anda menjadi salah satu postingan teratas pada beranda pengikut Anda dan jika beruntung akan muncul dalam fitur explore Instagram calon pembeli Anda.

  1. Menggunakan Aplikasi Pendukung Jualan

Untuk memaksimalkan penggunaan Instagram sebagai media untuk berjualan, Anda dapat menggunakan aplikasi pendukung seperti Thorgram, Facebook Studio Creator, Later, Hootsuite, dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan aplikasi pendukung ini, Anda dapat melakukan penjadwalan sekaligus memantau perkembangan postingan Anda.

Melalui dukungan Aplikasi ini, Anda juga dapat melakukan spam like dan komen pada postingan orang lain. Tujuan dari hal ini adalah untuk menarik para calon pembeli untuk ikut menyukai dan memberikan komen pada postingan sejenis di akun instagram Anda. Sehingga makin banyak calon pembeli yang dijangkau oleh postingan Anda.

Memaksimalkan Estetika Postingan

Jika berbicara mengenai Instagram, tidak bisa terlepas dari yang namanya estetika foto. Estetika foto yang kita unggah di Instagram dapat menjadi daya tarik cara berjualan di Instagram. Dengan foto yang memiliki estetika cukup baik, maka banyak orang yang tertarik dengan postingan pada akun Instagram Anda. Untuk itu, kami telah merangkum 4 hal yang dapat memaksimalkan postingan Anda.

  1. Tentukan Tema Akun Instagram

Saran pertama kami untuk Anda adalah menentukan tema akun Instagram Anda. Sebelum memulai sebuah membuat akun, Anda harus mempersiapkan tema yang ingin Anda fokuskan. Tema ini menjadi pembeda antara akun Instagram Anda dengan akun Instagram lainnya. Sehingga para calon pembeli secara langsung dapat mengenali toko Anda.

Selain itu, tema yang telah ditentukan sebelumnya akan mempermudah dalam pembuatan konten dalam Instagram Anda. Dengan menentukan konten, Anda dapat menentukan jenis dan isi konten yang relevan dan memiliki irisan dengan tema Anda sehingga Instagram Anda semakin kaya akan konten dan menarik para calon pembeli.

  1. Cari Warna Signature

Saran kedua dari kami adalah mencari warna signature Instagram Anda. Kami menyarankan hal ini dikarenakan secara psikologis, seseorang lebih mudah mengenal dan mengingat sesuatu berdasarkan warna dan bentuk. Sehingga ketika Anda mencari warna signature sebagai identitas brand Instagram Anda, calon pembeli akan mudah mengingat.

Selain sebagai pembeda, warna signature menjadikan konten Anda lebih seragam sehingga tampilan feed Instagram Anda lebih estetik. Ini akan meningkatkan orang-orang untuk datang dan melihat konten yang ada di dalamnya sehingga besar kemungkinan orang-orang akan membeli produk di Instagram Anda.

  1. Memberikan Storyboard Feed

Saran ketiga yang bisa kami berikan adalah membuat sebuah storyboard feed Instagram Anda. Dengan memberikan konsep dan jalan cerita pada feed Anda, orang-orang akan mengalami dan merasakan alur cerita tersebut ketika singgah untuk melihat feed dan postingan yang telah Anda bagikan di Instagram.

Storyboard mampu juga mampu meningkatkan keindahan tampilan pada feed Instagram Anda. Beberapa brand telah menerapkan strategi ini dan berhasil menarik minat masyarakat untuk melihat dan berlama-lama bermain Instagram.

  1. Mengatur Frekuensi dan Tata Letak Feed

Algoritma Instagram saat ini telah mengalami banyak perubahan, salah satunya adalah frekuensi postingan yang diunggah. Untuk menarik dan meningkatkan peringkat akun Anda menjadi akun teratas, cara termudah adalah melakukan unggahan feed secara berkala pada jam tertentu.

Unggahan secara rutin ini akan meningkatkan kemungkinan postingan kita menjadi yang teratas pada beranda calon pembeli maupun pada bagian explore para pembeli. Jangan lupa juga mengatur tata letak postingan pada akun Instagram Anda secara baik.

Berbagai cara berjualan di Instagram memang telah banyak di ulas di Internet. Namun tidak semua cara tersebut dapat membuahkan hasil yang maksimal. Kunci utamanya adalah konsisten dalam membuat postingan dan juga aktivitas Instagram Anda. Jika Anda memaksimalkan dua hal ini, tentu saja Instagram Anda akan memiliki banyak pengunjung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *