Macam-Macam Bahasa Pemrograman Yang Paling Eksis Di Dunia Pemrograman Indonesia

Pemrograman atau programming menjadi bahasan yang menarik bagi sebagian orang yang tertarik atau beraktivitas dengan bidang informatika dan lainnya. Ada banyak hal yang menjadi pembahasan terkait programming. Salah satunya adalah macam-macam bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman merupakan salah satu komponen terpenting dalam pembuatan program. Terkait programming pun bahasa pemrograman tidak dapat dilepaskan.

Bahasa pemrograman menjadi instruksi yang memerintahkan komputer untuk menjalankan proses kerja. Tingkatan bahasa pemrograman sendiri ternyata dibagi menjadi tiga yaitu, bahasa tingkat tinggi yang mendekati bahasa manusia, bahasa tingkat menengah, dan bahasa tingkat rendah yang jauh dari bahasa manusia. Apa saja macam-macamnya?

Berikut ini macam-macam dari penggunaan bahasa pemrograman yang tidak asing di Indonesia.

Java

Java disini bukanlah pulau Jawa. Memang masih berkaitan dengan Jawa karena asal mula nama Java sendiri berasal dari kata Jawa. Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang modern dan cukup mudah digunakan. Bahasa pemrograman yang sudah tingkat tinggi ini bisa digunakan tidak hanya pada komputer saja. Namun juga, pada smartphone dan telepon genggam.

C

Bahasa satu ini cukup susah dalam penggunaannya. Orang yang menggunakan bahasa pemrograman C merupakan orang yang sudah sangat lama mempelajari bahasa pemrograman. Bahasa ini dibuat untuk membuat program dalam jaringan komputer maupun sistemnya. Tidak hanya itu saja, bahasa pemrograman C juga digunakan untuk mengembangkan software aplikasi.

SQL

Pengertian pemrograman SQL atau Structured Query Language merupakan sebuah bahasa yang digunakan untuk mengaplikasikan langsung ke dalam basis data relasional. Faktanya, bahasa pemrograman SQL merupakan bahasa standar hampir semua server pada basis data yang digunakan untuk mengatur data-data dalam basis data.

PHP

PHP atau yang dulunya dikenal sebagai Personal Home Page merupakan bahasa pemrograman script yang digunakan dalam dunia programming saat ini. Anda akan dapat dengan mudah menemukan bahasa pemrograman PHP dalam script website atau situs-situs online. Bahasa script dari PHP dapat disisipkan ke dalam HTML hingga akhirnya bisa menghasilkan website yang biasa Anda akses.

HTML

Ada PHP maka ada bahasa pemrograman HTML. Hyper Text Markup Language atau HTML merupakan bahasa markup yang digunakan dalam sebuah halaman website untuk menampilkan berbagai macam informasi pada sebuah browser. HTML dan PHP saling bekerjasama agar bisa menghasilkan suatu website yang sesuai dengan fungsi dan konsep dari awal pengerjaan.

Visual C++

Visual C++ merupakan sebuah bahasa yang dikembangkan oleh Microsoft berasal dari bahasa pemrograman C dan C++. Hingga saat ini Visual C++ menjadi bahasa pemrograman yang populer dikalangan para programmer, khususnya programmer Indonesia. Dikarenakan Visual C++ merupakan salah satu hasil kembangan dari Microsoft menjadikannya sangat cocok dengan sistem Windows.

Pada Windows, Visual C++ bisa berjalan dengan baik dan lancar karena memerlukan memori yang cukup kecil. Itu sebabnya, Visual C++ menjadi pilihan bagi para programmer, terutama yang masih menggunakan Windows pada komputernya.

Python

Bahasa terakhir yaitu bahasa pemrograman Python. Python menjadi bahasa pemrograman yang dinamis dan dapat berjalan dengan baik dalam pemrograman berorientasi obyek. Bahasa pemrograman Python bisa digunakan dalam berbagai keperluan pengembangan beberapa perangkat lunak yang bergerak di bidang sistem informasi.

Dan masih banyak lagi bahasa pemrograman yang beberapa diantaranya tidak populer di Indonesia. Meskipun begitu, macam-macam bahasa pemrograman selalu menjadi bahasan menarik atas rasa penasaran programmer.

Leave a Reply