Tips Jitu Atur Uang Agar Kamu Bisa Pergi Liburan Tiap Tahun

Mumet sama kerjaan, kepikiran buat liburan, tapi nihil uang di tabungan? Eits, jangan dulu buru-buru kepikiran pinjam dana demi supaya bisa pergi liburan, ya. Tanpa pertimbangan yang matang, pinjam dana untuk liburan cuma akan bikin kamu makin nggak punya tabungan nantinya. Nggak mau kan, sehabis liburan harus pusing sama cicilan pinjaman?

Tips Jitu Atur Uang Agar Kamu Bisa Pergi Liburan Tiap Tahun

Sebagai alternatifnya, daripada pinjam dana, kamu bisa memanfaatkan program cicilan untuk akomodasi liburan dengan tanggal keberangkatan minimal 6 bulan atau maksimal 1 tahun dari sekarang. Baik dengan menggunakan kartu kredit ataupun fasilitas kredit online seperti Kredivo.

Alternatif terbaik lainnya, tentu saja mengatur dan mengutak-atik anggaran keuanganmu saat ini demi bisa pergi liburan setiap tahun. Bagaimana caranya? Nah, tips berikut ini bisa kamu coba.

Paksa sisihkan gaji untuk menabung di awal bulan

Sekarang, sudah bukan jamannya lagi menunggu sisa uang untuk ditabung. Demi bisa mewujudkan impian liburan tahunanmu, kamu perlu “memaksa” diri untuk menabung di awal saat baru gajian. Caranya dengan menetapkan nominal tabungan yang sekiranya sesuai dengan kapasitas finansial. Misal, Rp500.000 per bulan. Setelah itu, buka satu tabungan lagi, baik di bank yang sama dengan rekening utama ataupun bank berbeda. Saat hari gajian, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah langsung transfer uang ke rekening tabungan sesuai nominal yang sudah kamu tentukan sendiri. Kalau mau lebih strict lagi, kamu bisa membuka rekening tabungan berjangka yang hanya bisa diambil atau dicairkan pada periode yang telah ditentukan. Kamu juga bisa menerapkan sistem autodebet ke rekening utama melalui tabungan berjangka ini.

Kurangi jatah uang untuk hangout atau belanja

Demi mewujudkan impian, tentu harus ada pengorbanan. Supaya bisa menabung lebih banyak, tidak ada salahnya untuk kamu mencoba mengurangi jatah uang untuk hangout di akhir pekan ataupun belanja hal-hal yang bukan kebutuhan mendasar. Misalnya, kamu sudah mengatur anggaran supaya bisa jajan atau nongkrong di kafe sebulan tiga kali, maka kamu dapat menguranginya menjadi dua kali atau sekali saja per bulan. Anggaran sisanya bisa langsung disetor ke tabungan liburanmu.

Mulai coba investasi yang minim risiko

Punya penghasilan lebih atau di atas rata-rata? Nah, kamu bisa juga mulai coba berinvestasi, lho. Investasi sendiri jenisnya ada banyak, mulai dari reksadana, saham, emas, P2P Lending, Obligasi Negara Ritel (ORI) dari pemerintah, hingga properti. Namun, untuk pemula, sebaiknya kamu mulai dengan jenis investasi yang lebih minim risiko seperti reksadana pasar uang. Disebut minim risiko karena dana yang kamu investasikan ketika beli reksadana mayoritas akan dialihkan dalam bentuk deposito atau surat berharga yang periode jatuh temponya di bawah satu tahun. Karena minim risiko, imbal hasil dari reksadana juga akan menyesuaikan. Mungkin imbal hasilnya tidak sebesar saham yang mana potensi lossnya juga besar, namun sangat layak untuk dicoba

Rencanakan destinasi liburan minimal untuk 2 tahun ke depan

Supaya tabungan liburanmu tetap berkelanjutan dan tidak ditinggalkan setelah masa liburan selesai, kamu bisa menyiasatinya dengan menetapkan destinasi liburan yang mau dituju untuk 2 tahun ke depan. Misalnya, tahun 2020 kamu ingin berkunjung ke Vietnam & di tahun 2021 kamu ingin berkunjung ke Hong Kong. Kamu bisa mulai membuat rangkaian bujet yang dibutuhkan dari mulai pergi hingga pulang.

Mulai dari kisaran harga tiket pesawat, hotel, tiket masuk destinasi wisata, hingga kisaran biaya hidup di negara tersebut selama masa liburan. Setelah tau kisaran bujetnya, kamu dapat menghitung kira-kira berapa alokasi dana yang wajib disetor ke tabungan liburan per bulannya.

Alternatif lain selain tabungan, kamu juga dapat mencicil akomodasi liburan secara online dengan Kredivo, untuk waktu keberangkatan maksimal 1 tahun dari tanggal pemesanan. Dengan kata lain, uang yang kamu alokasikan untuk tabungan dapat langsung dialokasikan untuk bayar angsuran akomodasi tersebut. Perbedaannya, tentu saja ada suku bunga yang menyertai jumlah angsuran tersebut.

Tapi, dengan Kredivo, suku bunga angsurannya bersifat tetap sejumlah 2,95% saja per bulan tanpa uang muka. Selain itu, pilihan tenornya juga variatif, yaitu 3, 6, hingga 12 bulan, dengan syarat minimal transaksi adalah sebesar Rp 1 juta ke atas. Untuk kategori Traveling, Kredivo telah bermitra dengan banyak online travel agent ternama seperti Tiket.com, pegipegi.com, Blibli Travel, Panorama Tours, RedDoorz, hingga maskapai Citilink.

Kamu bisa daftar akun Kredivo sekarang juga dengan cara mendownload aplikasinya di Google Play Store atau App Store. Pastikan kamu sudah berusia minimal 18 tahun, punya penghasilan tetap per bulan minimal Rp 3 juta, dan berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi. Jangan lupa, pilih daftar untuk akun Premium supaya kamu berkesempatan mendapat limit kredit maksimal hingga Rp 30 juta, serta bisa memanfaatkan fitur pinjam dana di Kredivo.

 

Leave a Reply