Cara Membuat Website Belajar Buat Website Sendiri Yuk! Gratis kok.

Inilah 5 Tips Jitu Anti Penipuan Saat Mencari dan Membeli Perumahan Baru

Semakin hari semakin banyak perumahan baru yang dibangun. Wajar saja, karena rumah adalah kebutuhan pokok manusia. Selain sebagai tempat untuk melindungi diri dari segala ancaman dari luar, rumah juga bisa menjadi sumber kebahagiaan bersama keluarga. Itulah mengapa rumah menjadi kebutuhan yang sangat vital, terutama bagi Anda yang telah berkeluarga. Untuk Anda yang belum berkeluarga, rumah juga bisa menjadi salah satu bentuk investasi yang menguntungkan. Itu karena nilai jual properti memang selalu naik.

Memilih rumah terbaik yang sesuai dengan selera yang selama ini diidam-idamkan memang gampang-gampang susah. Meskipun banyak pilihan, faktanya banyak orang yang lebih memilih mencari rumah di kompleks perumahan. Ada beberapa alasan mendasar kenapa fenomena ini terjadi. Diantaranya karena alasan kepraktisan. lokasi yang strategis dan fasilitas yang memadai.

Memang benar bahwa sebagian besar perumahan baru dibangun di lokasi yang strategis, contohnya lihat saja di daftar perumahan ini. Ini bertujuan supaya Anda bisa dengan mudah bepergian dan menemukan tempat-tempat khusus untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Selain bangunan rumah, perumahan juga biasanya dilengkapi dengan fasilitas yang menarik, seperti minimarket, mesin ATM dan lain sebagainya. Dan yang paling penting, dengan memilih rumah di perumahan, maka Anda tidak perlu direpotkan dengan segala urusan yang berkaitan dengan pembangunan rumah, seperti lokasi, tukang, dan lain sebagainya. Intinya, Anda tinggal membayar dan bisa langsung menempatinya.

Tips Jitu Anti Penipuan Saat Mencari dan Membeli Perumahan Baru

Kelihatannya memang simpel membeli rumah di perumahan. Tapi Anda perlu hati-hati, karena fakta di lapangan banyak calon pembeli yang tertipu. Agar Anda tidak mengalami hal serupa, terapkanlah tips jitu anti penipuan saat mencari dan membeli perumahan baru berikut ini;

  • Pilih perumahan yang dibangun oleh developer yang bereputasi baik

Perumahan dibangun oleh developer atau pengembang. Hal pertama yang perlu Anda lakukan pertama kali pada saat mencari perumahan adalah dengan meneliti reputasi developer yang membangun perumahan incaran Anda. Developer yang bereputasi baik pasti memiliki kelengkapan ijin, seperti;

  • Ijin Peruntukan Tanah
  • Surat Ijin Penunjukkan Penggunaan Tanah (SIPPT)
  • Ijin lokasi, Surat Ijin Mendirikan Bangunan (IMB)
  • Surat Ijin Penggunaan Bangunan (IPB)
  • Nomor sertifikat tanah

Selain itu, Anda juga perlu memeriksa Aspek Penatagunaan Lahan dan Site Plan yang telah disahkan. Meskipun biasanya kepemilikan sertifikat akan tercantum di dalam Surat Perjanjian Jual Beli, akan sangat penting bagi Anda untuk menanyakan kapan sertifikat rumah dialihkan atas nama Anda sejak awal. Hal ini bertujuan agar Anda terhindar dari penipuan pembelian perumahan.

  • Lakukan survey lokasi perumahan yang Anda incar

Selain melakukan survey memilih developer dengan reputasi yang baik, Anda juga perlu melakukan survey ke lokasi rumah yang selama ini menjadi incaran. Hal ini hanya berlaku jika Anda membeli rumah di perumahan dengan sistem siap huni, sehingga Anda bisa langsung melihat langsung wujudnya. Meskipun survey ini dapat Anda lakukan melalui online, namun akan lebih baik jika Anda turun langsung ke lapangan atau ke rumah tersebut berdiri.

Dari kunjungan ini, Anda perlu mencatat hal-hal penting yang menjadi bahan dalam kriteria rumah impian, seperti kondisi rumah yang mencakup kondisi dinding, lantai, pintu, jendela dan lainnya. Selain itu, mempertimbangkan lokasi juga penting, apakah akses transportasi mudah, apakah kawasan aman dari banjir dan ancaman lainnya, bagaimana dengan fasilitas kompleks, bagaimana fasilitas air, dan lain sebagainya.

Buatlah komparasi, skoring dan analisa sederhana berdasarkan tipe rumah impian Anda. Apabila Anda termasuk orang yang suka tinggal di lingkungan yang sepi, sementara rumah di perumahan cenderung berdekatan, Anda juga perlu mengecek situasi lingkungan. Dalam hal ini, Anda perlu mengoreksi informasi yang Anda butuhkan dari tetangga sekitar ataupun petugas keamanan jika ada.

Hal ini sangat penting dalam mencari rumah yang sesuai dengan impian Anda selama ini. Selain itu, langkah-langkah tersebut juga penting dilakukan agar Anda terhindar dari penipuan dan terhindar dari risiko rumah tidak sesuai dengan iklan atau promosi dan lain sebagainya.

Apabila status rumah yang akan Anda beli tersebut menggunakan sistem indent atau pesanan, Anda hanya bisa melihat wujud lokasi perumahan melalui site map. Meskipun demikian, Anda tetap bisa mempertimbangkan fasilitas dan keadaan lokasi sekitar dengan mengecek langsung ke calon perumahan yang akan Anda huni tersebut.

  • Sebelum KPR Disetujui, Hindari Membayar DP Terlebih Dahulu

Salah satu keunggulan membeli rumah di perumahan adalah dapat dibayar melalui sistem KPR. Meskipun hal tersebut akan sangat membantu Anda dalam membayar dan melunasi rumah, tidak semua pengajuan KPR akan dikabulkan, terlebih pembelian perumahan dengan sistem indent, yang mana Anda perlu memesan dan membayar terlebih dahulu. Pihak bank akan mempertimbangkan KPR perumahan dari kondisi keuangan Anda.

Faktanya memang tidak semua pemohon KPR akan disetujui oleh bank yang bersangkutan. Untuk menghindari risiko ini, maka sebaiknya jangan pernah membayar uang DP sebelum pengajuan KPR Anda disetujui. Tunggu sampai ada keputusan dari bank. Jika Anda telah membayar DP sementara bank justru tidak meloloskan Anda, itu artinya DP Anda tidak sah dan harus segera diminta. Sayangnya, untuk meminta uang DP tersebut kembali, ada potongan oleh pihak developer dan itu jelas akan merugikan Anda.

Tips jitu mencari dan membeli perumahan agar tidak tertipu developer, sebaiknya Anda mencari developer yang bekerja sama dengan bank. Karena jika keduanya telah memiliki ikatan kerja sama, artinya pihak bank juga telah mengevaluasi developer, sehingga layak dan aman.

  • Hindari Melakukan Transaksi di Bawah Tangan

Agar menghindari segala bentuk penipuan dalam mencari dan membeli perumahan, baik itu sistem perumahan siap huni maupun inden, Anda perlu melakukan transaksi pembayaran sesuai dengan prosedur. Artinya Anda sama sekali tidak disarankan untuk melakukan transaksi tersebut di bawah tangan.

Apabila rumah tersebut ternyata masih dalam masalah bank, dalam hal ini diagunkan ke bank, maka yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pengalihan kredit ke bank bersangkutan. Dalam mengalihkan kredit bank tersebut, Anda membutuhkan notaris. Pilihlah notaris yang terpercaya. Dalam pemilihan notaris ini, Anda perlu jeli seperti halnya pada saat memilih developer untuk perumahan incaran Anda.

Menggunakan jasa notaris akan sangat membantu Anda, terutama dalam proses jual beli rumah agar terhindar dari terjadinya penipuan. Mengeluarkan dana tambahan untuk notaris tidak menjadi masalah, asalkan Anda terjamin dan terhindar dari segala bentuk penipuan, terutama pada saat transaksi jual beli perumahan.

  • Segera Urus Dokumen

Membeli rumah tidak hanya butuh banyak pertimbangan, namun dana yang dikeluarkan pun lumayan. Anda perlu teliti dan waspada, agar terhindar dari segala bentuk penipuan pembelian perumahan. Setelah Anda memilih developer yang Anda terbaik sekaligus telah mengecek segala kelengkapan surat-surat dan mengecek langsung rumah yang akan Anda beli, segeralah langsung urus segala dokumen yang menyertainya, seperti;

  • Uruslah Akta Jual Beli (AJB) dan pastikan isinya sesuai dan tepat. AJB ini merupakan dokumen yang membuktikan bahwa tanah dan bangunan telah beralih kepada pihak lain. Dalam hal ini, Andalah sebagai pihak pembeli dan pemilik hak tanah dan bangunan baru yang sah.
  • Selain AJB, Anda juga harus segera mengurus kepemilikan SHM. Mintalah Sertifikat Hak Guna Bangunan ( SHGB) dari pihak developer untuk mengurus kepemilikan SHM tersebut. Ada developer yang mau mengurus perihal ini ada juga yang tidak. Jika developer Anda tidak mengurusnya, Anda sendiri yang harus mengurusnya.
  • Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) juga perlu dimiliki, agar Anda terhindar dari berbagai masalah yang mungkin bisa terjadi di kemudian hari terkait dengan ijin bangunan rumah yang Anda beli tersebut. Jadi, Selain AJB, SHGB dan SHM, Anda juga perlu mengurus IMB.

Itulah beberapa langkah dan tips jitu anti penipuan saat mencari dan membeli perumahan baru yang wajib Anda ketahui. Intinya, agar terhindar dari segala bentuk penipuan terkait pembelian rumah di kompleks perumahan, Anda perlu memastikan bahwa developer yang membangun dan mengembangkan perumahan tersebut memiliki kredibilitas yang bagus. Untuk menentukan apakah developer tersebut bagus atau tidak, Anda perlu melakukan riset atau survey. Salah satunya mengumpulkan informasi lengkap tentang kinerja dan pelayanan developer tersebut.

Membeli rumah memang impian semua orang. Namun Anda perlu hati-hati dalam membeli rumah, apalagi perumahan sistem inden. Dalam hal ini rawan sekali penipuan, karena menggunakan sistem pesan dan Anda harus membayar terlebih dahulu baru akan dibangun. Risiko yang biasa muncul adalah pembangunan rumah tidak selesai meskipun pembayaran sudah lunas. Selain itu, ada juga kasus pembangunan rumah telah selesai namun terlambat dari waktu yang seharusnya, atau ada juga kasus pembangunan rumah selesai tepat waktu namun memiliki spesifikasi yang tidak sesuai dengan standar.

Tentu risiko-risiko tersebut sangat merugikan Anda. Itulah mengapa Anda wajib cermat dalam memilih developer. Developer yang dipilih haruslah amanah dan kinerjanya berkualitas. Selain itu, untuk menghindari terjadinya penipuan pada saat membeli perumahan, Anda perlu memeriksa dengan sangat teliti pada saat penandatanganan berita acara serah terima rumah. Pastikan isi dari dokumen tersebut sesuai dengan apa yang telah diatur dalam Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB).

Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply