Cara Membuat Website Belajar Buat Website Sendiri Yuk! Gratis kok.

Cara Kerja Mobil Toyota Hybrid dengan Sistem Full Hybrid

Mahalnya harga bahan minyak saat ini tentu saja meresahkan masyarakat Indonesia. Hal ini yang kemudian menjadi pikiran beberapa produsen mobil untuk berlomba-lomba mengeluarkan jenis mobil yang irit bahan bakar minyak. Namun, biasanya mobil yang irit bahan bakar akan menurunkan performa mesin yang diberikan. Untuk itu, beberapa produsen mobil akhirnya memilih untuk menggunakan teknologi mobil hybrid atau yang biasa disebut dengan mobil hybrida. Mobil dengan teknologi ini selain memberikan efek hemat bahan bakar juga tetap menjaga performa mobil.

Mobil berteknologi hybrid menggunakan gabungan antara manfaat mesin dengan bahan bakar bensin dan motor listrik tenaga baterai. Penggabungan kedua mesin tersebut bertujuan untuk mengurangi konsumsi bahan bakar. Mesin dengan bahan bakar bensin sebagian besar akan menyediakan tenaga untuk mobil, sedangkan motor listrik akan memberikan daya tambahan apabila diperlukan. Umumnya, motor listrik digunakan untuk mempercepat kendaraan maupun untuk menyalip.

Cara Kerja Mobil Toyota Hybrid dengan Sistem Full Hybrid

Salah satu perusahaan penghasil mobil terbesar di dunia dengan kualitas produk yang cukup bagus yaitu toyota. Nama toyota sendiri sudah tidak asing lagi di dunia lokomotif, karena nama ini sudah memiliki popularitas yang cukup tinggi. Saat ini, PT. Toyota Astra Motor juga sudah memproduksi dua jenis mobil toyota hybrid yaitu toyota prius dan all new camry hybrid. Kedua jenis mobil ini menggunakan sistem full hybrid.

Cara Kerja Mobil Toyota Hybrid

Mobil dengan sistem hybrid yang digunakan pada toyota hybrid secara penuh menggunakan tenaga dan sumber energi dari bensin. Sedangkan motor listrik hanya berfungsi untuk memberikan energi tambahan jika diperlukan saja. Motor listrik juga biasanya digunakan sebagai sumber energi utama saat mobil berada pada kecepatan rendah. Hal ini tentu sangat menghemat bahan bakar terutama saat kondisi jalanan macet.

Daya yang digunakan untuk menghidupkan peralatan elektronik pada mobil jenis ini memanfaatkan energi dari baterai. Mesin mobil baru akan menyala jika baterai memerlukan tambahan daya. Namun jika baterai dalam kondisi penuh, maka mesin mobil tidak akan menyala meskipun sudah menghidupkan mesin.

Pada akselerasi awal seperti memundurkan mobil dan menggunakan kecepatan rendah, mobil akan digerakkan menggunakan motor listrik yang mengambil daya dari baterai. Jika baterai memerlukan pengisian daya, maka generator pada mobil ini akan menghidupkan mesin untuk mengisi daya baterai dengan sendirinya. Pada mobil toyota hybrid, energi penggerak mobil akan diambil dari energi baterai pada saat mobil berada pada kecepatan di bawah 20 Km/jam. Pada kecepatan ini, mesin mobil dengan bahan bakar minyak akan dimatikan.

Demikian sedikit ulasan mengenai cara kerja mobil toyota hybrid. Dari kedua jenis mobil hybrid yang diproduksi oleh PT. Toyota Astra Motor, mobil toyota camry hybrid dinilai lebih baik jika dibandingkan dengan toyota prius. Biaya operasional yang dikeluarkan mobil toyota camry hybrid  lebih murah dan tahan lama. Untuk informasi lain mengenai mobil toyota hybrid dapat Anda lihat di website Auto2000.

 

Leave a Reply