Jasa Review Review berkualitas untuk produk Anda agar terkenal.

Tips Mudik Lebaran Nyaman Dengan Kereta Api, Perhatikan Hal Ini

mudik lebaran

sumber:AKTUAL/Munzir

Musim mudik Lebaran tahun ini, perjalanan dengan kereta api menjadi salah satu pilihan utama para penumpang untuk membawa mereka ke kampung halaman. Hal ini membuat perburuan tiket kereta api menjadi sengit dan stasiun selalu ramai dengan penumpang ke berbagai jurusan. Jumlahnya pun bisa meningkat pesat berkali-kali lipat bila dibandingkan dengan hari biasa.

Meski demikian, bukan berarti mudik dengan kereta jadi kurang nyaman. Dengan aturan baru dari PT KAI yang memastikan semua penumpang mendapatkan tempat duduk sesuai dengan tiket kereta Lebaran dan tidak adanya pengasong di dalam kereta, perjalanan dengan si ular besi ini jadi nyaman, meski dengan kelas ekonomi sekalipun.

Tapi biar perjalananmu dengan kereta api semakin nyaman, coba ikuti beberapa tips berikut ini untuk mudik Lebaran.

Beli Tiket Sejak Jauh Hari

beli tiket kereta api

Sudah menjadi rahasia umum jika tiket kereta Lebaran selalu habis sejak jauh hari. Meski PT KAI membuka loket pembelian H-90 dari hari lebaran dan semua kursi bisa habis dalam waktu sekejap.

Karena itulah, jika berencana untuk mudik dengan kereta api, belilah tiketnya sejak jauh hari sebelumnya. Begitu PT KAI mengumumkan loket pejualan sudah dibuka, siapkan koneksi internet cepat untuk mendapatkan tiket kereta Lebaran secara online.

Perburuan tiket kereta Lebaran secara online adalah cara yang paling nyaman dan mudah untuk mendapatkan kepastian tempat duduk. Karena antri lama di loket pun belum tentu dapat tiket buat mudik.

Pisahkan Barang Berharga Dengan Bagasi

suasana dalam kereta api

sumber:aca.co.id

Setelah mendapatkan tiket kereta Lebaran, sekarang waktunya packing. Ingatlah bahwa sekarang PT KAI memberlakukan berat bagasi maksimal 20 kilogram untuk masing-masing penumpang. Jika tidak ingin terkena biaya tambahan, sebaiknya timbang barang bawaan sejak dari rumah.

Selain itu, pastikan untuk memisahkan barang berharga dengan barang yang bisa diletakkan di bagasi. Siapkan kartu identitas, tiket kereta Lebaran dan barang berharga di tas terpisah agar aman dan mudah ditunjukkan ke petugas ketika boarding, check in di stasiun dan pemeriksaan di dalam kereta.

Kenakan Pakaian Yang Nyaman

Saat ini hampir semua gerbong kereta api yang beroperasi di Indonesia sudah dilengkapi dengan AC yang menyala 24 jam. Pastikan kamu memakai baju yang nyaman agar perjalanan jadi lebih menyenangkan.

Selalu Taati Peraturan di Stasiun dan Dalam Gerbong Kereta

peraturan di kereta api

sumber:@KAI121

Menaati peraturan sejak di stasiun hingga di dalam gerbong kereta adalah hal penting selama perjalanan mudik Lebaran. Salah satunya adalah dengan tidak merokok selama berada di lingkungan stasiun dan juga di dalam gerbong kereta api.

Selain itu, jangan pula duduk atau meletakkan barang bawaan di lorong sambungan kereta. Hal ini dilarang keras oleh PT KAI dan kamu bisa diturunkan paksa jika melanggar aturan yang sudah ditetapkan.

Jangan Lupa Pasang Alarm Agar Tak Kebablasan

Tidur di dalam perjalanan dengan kereta api memang nyaman. Tapi jangan sampai hal ini membuat kamu kelewatan stasiun tujuan dan kebablas terbawa ke luar kota. Agar hal ini tak sampai terjadi, pasanglah alarm di satu stasiun terdekat dengan tujuan. Dengan demikian, kamu akan terhindar dari kebablasan terbawa ke kota lain.

Selalu Waspada dan Hati-Hati

Saat ini PT KAI sudah memasang CCTV di stasiun dan juga gerbong kereta. Namun tetap berhati-hati dan waspada pada barang bawaan serta menjaga keselamatan diri sendiri adalah hal utama yang harus diingat ketika mudik Lebaran.

Kalau kamu, bagaimana dengan mudik tahun ini, apakah memilih untuk menggunakan kereta api?

Leave a Reply