Jasa Review Review berkualitas untuk produk Anda agar terkenal.

4 Cara Memperbaiki Kartu Memori yang Rusak Tanpa Memformat

Cara Memperbaiki Kartu Memori yang Rusak Tanpa Memformat – Bayangkan apa yang terjadi jika tiba-tiba kartu memori handphone Anda tiba terbaca! Anda pasti akan merasa panik karena hampir sebagian besar data di handphone ada di dalamnya. Mulai dari foto, musik, dokumen, aplikasi, dan lain sebagainya. Walaupun banyak handphone sudah memiliki memori internal yang besar, namun jika kartu memori atau micro-SD-nya rusak maka tetap saja akan menyulitkan. Nah, jangan khawatir menghadapi permasalahan tersebut karena ada cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat.

cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat

cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat

Cara Memperbaiki Kartu Memori yang Rusak

  1. Membersihkan kartu memori

Membersihkan di sini artinya benar-benar membersihkan secara manual. Pertama, yang harus Anda lakukan adalah mengeluarkan kartu memori dari handphone. Lihat bagian lempengan tembaga yang berwarna keemasan di bagian bawahnya. Terkadang, apabila bagian ini kotor maka akan sulit terdeteksi oleh handphone. Anda bisa membersihkannya dengan penghapus pensil yang berwarna putih atau terang. Gosoklah bagian lempengan ini secara perlahan hingga terlihat bersih dan mengkilap. Coba masukkan kembali dan nyalakan handphone. Cek apakah kartu memori sudah dapat terbaca atau belum

Baca Juga: 5 Cara Memperbaiki Google Play Service yang Error

  1. Mengeceknya lewat komputer PC

Jika cara memperbaiki kartu memori yang rusak yang pertama tidak berhasil, maka Anda bisa mengeceknya lewat komputer PC. Anda bisa menggunakan 2 cara yaitu dengan menghubungkan handphone Anda langsung menggunakan kabel USB atau dengan melepas kartu memori dan memasukkannya ke dalam card reader. Jika menggunakan cara pertama, maka cek layar handphone apakah sudah terhubung lewat Mass storage mode atau belum. Lewat Windows Explorer, klik kanan Drive kartu memori Anda. Pilih menu Properties, lalu Tools, dan Error Checking. Setelah proses selesai, Anda bisa meng-eject kartu memorinya. Cek apakah kartu memori sudah bekerja kembali atau belom.

Baca juga:  Cara Cepat dan Mudah Mengembalikan Data Yang Terformat Dengan EaseUS Data Recovery
  1. Scanning dengan Antivirus

Sembari mengecek kartu memori lewat komputer, Anda bisa sembari men-scanning-nya dengan antivirus. Hal ini dikarenakan ada beberapa jenis virus yang menyerang kartu memori dapat memblokir akses kartu untuk dapat dibaca di handphone. Cara memperbaiki kartu memori yang rusak total ini bisa menggunakan berbagai merek antivirus seperti Avira, Smadav, AVG, dan lain sebagainya. Apabila setelah proses scanning selesai ternyata benar terdeteksi virus, segera bersihkan baru kemudian pasangkan kembali kartu memori ke handphone.

  1. Memformat kartu memori

Memformat merupakan cara memperbaiki kartu memori yang minta diformat bisa dilakukan apabila Anda tidak keberatan data yang ada di dalamnya akan terhapus. Pertama, masuk ke dalam menu Setting, kemudian pilih Storage. Pada pilihan yang tersedia, pilihlah “Erase SD Card”. Sistem akan secara otomatis menghapus dan membersihkan isi di dalam kartu memori Anda. Kartu memori yang sudah bersih kemungkinan besar dapat dipakai kembali seperti semua.

cara memperbaiki kartu memori yang minta diformat

cara memperbaiki kartu memori yang minta diformat

Meskipun demikian, ada beberapa kasus dimana kartu memori tidak terbaca di handphone tetapi bisa di komputer. Jika ini terjadi, maka Anda bisa coba memformatnya lewat komputer. Hubungkan kartu memori ke komputer dan pastikan bahwa Anda terlebih dahulu menyalin seluruh isi kartu memori ke dalam folder baru di harddisk komputer Anda. Setelah data-datanya aman, Anda bisa memformatnya dengan cara klik kanan pada Drive kartu memori. Pilih menu “Format”. Setelah proses selesai, masukkan kembali data yang disalin sebelumnya kembali ke dalam kartu memori. Silahkan cek sekali lagi apakah cara memperbaiki kartu memori tidak terbaca sama sekali ini sudah berhasil membuatnya terbaca di handphone atau belum.

Baca juga:  Cara Menghapus Pesan Whatsapp yang Sudah Terkirim 100% Berhasil !

Jika cara memperbaiki kartu memori rusak tanpa menghapus data masih belum juga berhasil, maka kemungkinan besar kartu memori Anda sudah benar-benar rusak dan saatnya untuk membeli yang baru dan urungkan niat anda untuk mencari cara memperbaiki kartu memori rusak.

Pencarian Terbaru:

  • cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat

One Response

Leave a Reply