Jasa Review Review berkualitas untuk produk Anda agar terkenal.

5 Cara Memperbaiki Google Play Service yang Error

Cara Memperbaiki Google Play Service yang Error – Pernahkah Anda mengalami situasi ketika Google Play Service error dan tidak mau diupdate? Anda mungkin akan mendapatkan notifikasi error yang berbeda-beda tergantung penyebabnya, contohnya berhenti akses secara tiba-tiba atau error saat mengupdate. Jika membiarkannya saja, maka tentu Anda tidak akan bisa mengakses beberapa aplikasi terkait seperti games Android online. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, ada beberapa cara memperbaiki Google Play Service yang error sesuai dengan sumber permasalahan yang menyebabkannya.

cara memperbaiki google play

cara memperbaiki google play

Cara Memperbaiki Google Play Service

  1. Menghapus Cache

Apabila Google Play Service Anda mulai error, maka menghapus cache menjadi cara yang paling umum dilakukan. Bagi Anda yang belum tahu, cache adalah fitur yang digunakan untuk menyimpan data sementara sehingga Google Play dapat berjalan lebih cepat. Akan tetapi, terkadang cache ini justru menjadi masalah dan membuat Google Play menjadi error.

Baca Juga: Cara Memperbaiki yang Laptop Mati Total

Cara pertama, Anda bisa menghapus cache di Google Services Framework dengan cara masuk ke menu pengaturan di handphone kemudian pilih “Application Manager”. Pilih “All”, lalu “Google play services framework”.Akhiri dengan memilih “Clear cache/data”.

Cara memperbaiki google play store yang kedua adalah dengan menghapus cache di Google Services. Setelah masuk di menu pengaturan, kembali masuk ke menu “Application Manager” dan pilih “All”.Pilih “Google Play Services” lalu “Clear cache/data”.

Baca juga:  Tips Agar Pengajuan KPR Diterima
  1. Menghapus Update-an di Google Play Service

Walaupun Google Play Service akan secara otomatis mengupdate, namun hal ini justru sering menyebabkan error. Jadi,cara memperbaiki google play store yang tidak bisa dibuka atau error karena update-an adalah dengan menghapus update tersebut. Caranya adalah dengan masuk ke menu “Google Play Service” di pengaturan. Pilihlah menu “Uninstall Updates” maka update yang ada di Google Play Service akan terhapus secara otomatis. Jangan khawatir, update yang telah dihapus ini nantinya akan diupdate dengan yang terbaru ketika Anda membuka Playstore.

  1. Mereset ulang aplikasi

Terkadang cache dan junk file yang menumpuk di Google Play Service menyebabkan aplikasi yang tiba-tiba berhenti beroperasi. Jadi, Anda perlu merefresh agar sistemnya yang error bisa berjalan kembali. Cara memperbaiki google play game yang error ini adalah dengan mereset ulang aplikasi Google Play Service Anda. Anda perlu masuk ke pengaturan terlebih dahulu, kemudian pilih menu “Apps”. Di bagian pojok kanan atas layar menu, Anda akan melihat tombol dengan simbol titik 3. Tekan menu tersebut, maka akan muncul menu baru. Pilih “Reset app preference” atau reset preferensi aplikasi. Setelah itu, restart ponsel Anda untuk mengoperasikan ulang sistemnya.

  1. Mengosongkan ruang di memori internal
Baca juga:  Cara Mencuci Tangan yang Efektif Menghilangkan Kuman

Pada beberapa kasus, memori internal handphone yang penuh membuat Google Play Service error dan tidak mau diupdate. Biasanya, saat proses install update, maka akan muncul notifikasi “Insufficient storage available”. Cara mengosongkan ruang bisa dilakukan lewat menu pengaturan dengan masuk ke menu “General” lalu “Apps”. Selanjutnya, pilih “Manage space” dan akhiri dengan “Clear All Data”.

  1. Mereset ulang sistem Android

Cara mengatasi google play game tidak ada sambungan ini adalah cara terakhir apabila cara sebelumnya tidak berhasil. Hal ini dikarenakan mereset ulang sistem Android akan membuat beberapa hingga seluruh data mulai dari data di aplikasi, log, percakapan, dan lainnya, bisa hilang terhapus. Maka dari itu, sangat disarankan untuk melakukan back-up data terlebih dahulu dengan aplikasi khusus back up. Caranya adalah dengan memilih menu “back up and reset” di pengaturan. Pilih menu “factory data reset” atau “reset device”. Sistem Android Anda akan secara otomatis melakukan reset ulang. Setelah ponsel kembali menyala, maka ponsel akan kembali dalam keadaan seperti baru yang belum diatur sama sekali.

cara memperbaiki google play service

cara memperbaiki google play service

Jadi, cara mana yang berhasil Anda terapkan?

Leave a Reply