Jasa Review Review berkualitas untuk produk Anda agar terkenal.

4 Cara Memperbaiki Speaker HP yang Rusak dengan Mudah

Cara Memperbaiki Speaker HP Speaker pada handphone memungkinkan Anda untuk melakukan panggilan telepon dan mendengarkan suara seseorang yang menelpon Anda. Selain itu, speaker handphone juga berfungsi menghantarkan suara ketika Anda mendengarkan MP3 atau video dari handphone. Bayangkan jika speaker rusak dan fungsi tersebut tidak berjalan? Tentu saja handphone Anda tidak akan bekerja maksimal, bukan? Nah, jika Anda mengalami hal tersebut, berikut ini adalah cara memperbaiki speaker HP yang bisa Anda coba dari rumah.

Cara Memperbaiki Speaker HP yang Rusak

Cara Memperbaiki Speaker HP yang Rusak

Penyebab Speaker HP yang Rusak dan Suaranya Pecah

Ada beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan speaker HP Anda tidak berfungsi normal. Tidak hanya karena kerusakan sistem pada handphone, tapi bisa jadi penyebabnya adalah korosi pada speaker yang diakibatkan uap air yang berasal dari keringat atau tangan Anda ketika kontak di bagian speaker. Korosi ini menyebabkan speaker pada handphone Anda mengeluarkan suara statis dan konstan sehingga tidak dapat bekerja optimal. Selain itu, debu yang menempel dan menumpuk juga sering menghalangi suara yang keluar dari speaker. Bahkan, koneksi yang buruk pun sering jadi penyebab audio menjadi tidak lancar.

Baca Juga: 4 Cara Memperbaiki Kartu Memori yang Rusak Tanpa Memformat

Cara Memperbaiki Speaker Hp

Jika speaker handphone Anda tiba-tiba tidak mengeluarkan suara, jangan buru-buru membawanya ke tempat servis. Berikut ada beberapa cara memperbaiki speaker HP yang bisa coba kamu lakukan.

Baca juga:  Cara Mudah Backup file di Windows dengan EaseUS Todo
  1. Mengeringkan bagian speaker

Cara memperbaiki speaker hp yang terkena air, jika Anda merasa bahwa speaker bermasalah karena telinga atau tangan Anda berkeringat atau udara di luar memang sedang lembab, maka segera matikan handphone terlebih dahulu. Tunggu beberapa saat hingga speaker dirasa benar-benar kering. Anda bisa membantu prosesnya dengan mengipasi bagian speaker secara manual atau dengan kipas angin. Nyalakan kembali handphone dan tes apakah speaker sudah berfungsi normal.

  1. Membersihkan dengan peniti atau klip kertas

Peniti atau klip kertas sangat efektif sebagai salah satu cara memperbaiki speaker HP yg suaranya pecah karena debu yang menempel. Pertama, coba buka bagian speaker dan lihat bagian port-nya. Jika memang banyak debu atau serat yang menempel, maka Anda bisa membersihkannya dengan peniti atau klip kertas.Ingat, Anda harus membersihkannya secara perlahan dan berhati-hati.Jika tidak, maka jarum peniti bisa menembus bagian speaker dan justru merusaknya.

  1. Masuk ke pengaturan volume

Berikut, cara memperbaiki speaker HP  xiaomi, samsung, asus, Iphone dan hp android lainnya yang suaranya tidak jelas adalah dengan cara mengetesnya lewat pengaturan volume. Beberapa handphone mungkin memiliki cara pengaturan yang berbeda-beda. Namun, masuklah ke menu suara untuk mengatur pilihan suara speaker. Coba atur volume speaker handphone Anda pada tingkat yang paling tinggi atau maksimum. Nyobalah menyalakan lagu atau sumber suara lainnya untuk mengetes suara. Jika terdengar suara yang terdistorsi dan statis, maka Anda perlu menurunkan volumenya. Lakukan sebaliknya jika justru tidak bisa mendengar suaranya dengan jelas.

  1. Memasukkan kode khusus
Baca juga:  Cara Memperbaiki Wifi Laptop yang Tidak Mau Connect

Ada tips yang sering disarankan untuk memperbaiki speaker HP yaitu dengan memasukkan kode khusus. Kode ini merupakan kode rahasia yang dirancang khusus untuk setiap jenis handphone ketika sedang mengalami permasalahan, termasuk pada speaker.Kode ini bisa Anda dapatkan ketika mencarinya di Google. Setelah mendapatkan kodenya, cobalah masukkan dengan mengetikkan lewat papan tombol telepon. Setelah itu, akan muncul pilihan sorfware info, service info, service test, dan lain-lain. Masuk ke dalam menu yang khusus mengatur bagian volume speaker untuk mencari tahu permasalahannya.

Jika cara-cara di atas tidak berhasil, maka memang telah terjadi kerusakan parah pada speaker HP Anda. Jadi, cara memperbaiki speaker HP yang terakhir adalah dengan membawanya ke toko servis HP atau ke galeri resmi sesuai dengan merek HP Anda.

Leave a Reply