Jasa Review Review berkualitas untuk produk Anda agar terkenal.

Dangdut Koplo: Irama Tabuhan Gendang yang Khas

Dangdut merupakan musik asli dari Indonesia. Jenis dangdut yang sedang ngetren saat ini adalah dangdut koplo. Lah, emang beda dangdut koplo dengan dangdut lainnya? Beda! Perbedaan dangdut koplo dibandingkan dengan dangdut lainnya adalah terletak pada tabuhan gendang. Menurut pola yang dipetakan oleh Wintraub, tabuhan gendang dalam dangdut koplo memiliki ”dang” dua kali lebih banyak daripada “dut”. Tempo dari dangdut koplo juga lebih cepat daripada irama dangdut biasanya.

Kekhasan Dangdut Koplo

Nah, tabuhan gendang dan irama yang khas inilah membuat dangdut koplo semakin asyik untuk bergoyang. Dari irama ini pula lahir dangdut koplo. Kenapa namanya koplo? Karena irama yang dihasilkan seperti obat koplo yang membuat para pendengarnya melayang. Sama halnya seperti obat koplo yang murah dan mudah diakses, dangdut koplo juga murah untuk diakses. Sebagai perumpaan kalau dangdut koplo adalah musik rakyat yang bisa dinikmati siapa saja.

Dengan semakin berkembang dan terkenalnya dangdut koplo, siapa sih sebenarnya pencipta dari irama gendang yang khas itu? sebenarnya jika ditelisik siapa penciptanya dirasa sulit. Weintraub dalam “The Sound and Spectacle of Dangdut Koplo” menyebutkan kalau irama tersebut mulai berkembang di Jawa Timur. Tapi asal-usul dari mana dan siapa sulit ditemukan. Ada lagi yang mempopulerkan irama tabuhan khas dangdut koplo yaitu Waryo dari grup dangdut koplo Om Amega dan Rudi Hartono dari grup dangdut koplo Palapa.

Baca juga:  Inilah Tips Mengatur Keuangan Keluarga

Ada lagi ini yang khas dari dangdut koplo. Tanpa ini seperti aku tanpa kamu ,eh, makan sayur tanpa garap. Yaitu sengakan (sorakan) khas yang didengar saat lagu diputer. Seperti “Hok ya”, “Asyik-asyik jos”, “Buka Sitik joss”, “ea ea ea”, “asolole” dan beberapa sengakan lain yang pasti lebih asyik untuk bergoyang dan sejenak melupakan masalah.

Selain beberapa hal di atas, mungkin kamu juga menemukan hal lain seputar dangdut koplo. Silakan temukan dan nikmati, kamu tentu memiliki pendapat sendiri. Selamat mendengarkan dan bergoyang ya kawan.

 

Leave a Reply