Priangga Otviapta Bukan blogger pemula, tetapi juga bukan blogger mastah. Hanya seorang blogger Pontianak yang senang berbagi cerita pribadi di dunia maya. Selain itu saya juga suka melakukan review suatu produk. https://www.priangga.web.id/jasa-review-berkualitas Kerjasama email ke: [email protected]

Belum Pernah Menang Lomba Menulis di Blog? Mungkin 6 hal ini penyebabnya

4 min read

cara memenangkan lomba menulis

Memenangkan sebuah perlombaan adalah impian bagi setiap orang, begitu pula dengan saya. Sebenarnya banyak sekali lomba yang bisa diikuti, salah satunya adalah lomba munulis di blog. Dulu waktu awal saya memulai aktifitas ngeblog ini adalah karena saya ingin sekali berprestasi di dunia maya, dan mendapatkan juara.

 

Awal mula saya memulai mengikutiΒ lomba menulis blog itu saat saya kuliah di Pontianak. Ada teman saya mengajak ikutan lomba blog yang diadakan oleh pemerintah kubu raya. Saya kira dulu saya bakal menang, karena dulu saya yakin banget kalau tampilan dan tulisan saya di lomba tersebut bagus dan pantas mendapatkan nominasi pemenang, tetapi ketika pengumuman tiba saya tidak memenangkannya.

 

Sedih memang, tapi begitulah nasib bagi pemula. Ternyata setelah kejadian itu berlangsung sayapun kembali lagi bersemangat hingga beberapa kali mengikuti semua lomba blog yang ada di dunia maya. Awal saya mengikuti lomba itu saya sudah menggunakan domain priangga.web.id ini. mengapa tidak pakai .com mas ? karena extensi domain priangga dot com sudah di gunakan πŸ™ skip aja cerita ini karena mau apapun nama domainnya kesempatan menjadi pemenang itu ada diΒ https://priangga.web.id/2016/02/belum-pernah-menang-lomba-blog.html

 

Di awal tahun 2014 waktu itu masih ingat sekali saya gimana rasanya kalah dalam lomba blog, kecewa, sedih dan nyaris putus asa. Ya saya hampir putus asa karena dari 29 lomba blog yang saya ikuti semuanya kalah. Tidak tahu mengapa bisa kalah, tapi memang kenyataanya tulisan saya memang belum pantas menang pada waktu itu.

 

Tetapi alhamdulilah ada 1 lomba yang membuat saya kembali lagi semangat, karena tulisan itu mendapatkan juara 1 dan ini membawa saya menjadi bisa memantaskan diri sebagai pemenang. Lomba ini bertemakan pengalaman dan trafik. Sebenarnya saya sudah pesimis ketika 29 lomba yang saya ikuti sudah tidak menang, pasti lomba yang ini juga pasti menang. Tetapi tidak di sangka saya bisa memenangkan lomba tersebut ( Lomba Blog Speedy Instan Blog Competition 2014).

 

Tidak tahu mengapa saya bisa mendapatkan juara 1, tetapi saya rasa karena artikel saya memang benar-benar pantas dan bisa memberikan nilai positif bagi para pembacanya. Untuk melihat artikelnya silahkan ke tautan berikut ini :Β Berbagi pengalaman di acara sosialisasi penggunaan wifi.id

 

Jika anda baca secara seksama artikel tersebut maka apa yang anda rasakan ? silahkan simpulkan di hati masing-masing. Bukan hal yang mudah untuk membuat artikel tersebut, tidak 1 atau 2 hari juga saya mengerjakanya. Tetapi tahukah artikel tersebut melewati masa pembuatan dan editing yang cukup panjang. Mungkin ini yang paling lama pernah saya lakukan dalam membuat artikel. Percaya atau tidak artikel ini terus saya update dan meminta saran dari beberapa orang hingga lebih dari 2 bulan.

 

Memang lama tetapi hasilnya tak disangka, saya bisa menjadi juara 1. Tidak ada rasa ingin sombong atau ingin pamer saya menulis ini, tulisan ini saya terbitkan karena benar-benar ingin berbagi pengalaman supaya yang masih belum pernah menang, terbangun lagi semangatnya. Karena kalau sering kalah biasanya cepat putus asa.

 

Mungkin kalau saya menjelaskan kepada orang yang bertanya di setiap pm facebook menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menanyakan tentang lomba blog susah sekali menjelaskannya panjang lebar, tetapi akan coba saya rangkum di tulisan ini, dan sampai anda melewati setiap kata dalam artikel ini.

 

Mungkin berikut inilah penyebab yang membuat anda belum pernah memenagkan lomba menulis di blog:

 

1. Minder sama lawan yang sudah “Mastah”

cara memenangkan lomba menulis

Saya dulu merasa aneh ketika awal publish artikel mengenai tulisan yang saya perlombakan, yang membuat terasa aneh itu ketika ada orang yang tiba-tiba komen di kolom komentar facebook yang mengatakan ” Wah ini saingannya mastah “A” ” saya bingung kenapa orang itu tiba-tiba bilang begitu. Yang jelas saya gak kenal dengan dengan yang katanya mastah itu. Karena saya orangnya cuek saya gak peduli dengan lawan saya, saya tetap fokus ke artikel saya sendiri.

Solusi: Nah buat yang sekarang masih minder sebaiknya jangan tulisan lawan, karena ini bakalan bikin kita males berfikir dan memiliki sikap pesimis.

 

2. Selalu curi-curi pandang tulisan lawan

memenagkan lomba

Ini sering saya lakukan jujur, tetapi itu dulu bukan sekarang ya πŸ˜€ . Ntah mengapa dulu saya sering ikut-ikutan tulisan lawan, hampir sama copas tapi lebih ke rewrite (di tulis ulang dengan gaya bahasa sendiri). Dari hal inilah yang bisa menghambat gaya bahasa kita sendiri bahkan bisa menyebabkan keningungan dan tidak percaya diri. Sebagiknya hal ini jangan pernah anda tiru, karena tidak baik, dan kasian para penulis yang di tirunya, karena sekarang saya mengalami hal ini, rasanya itu kesel banget. Apalagi tulisan lomba kita dari peletakan gambar dan susunan materinya di tiru sama persis. Pasti kalau anda yang di ikuti marah to ?

Solusi: Untuk awal memulai lomba menulis usahan percaya dengan apa yang ada dalam diri kita, gali kemampuan kita sampai benar-benar mengenal diri sendiri. Ini adalah cara terbaik kalau ingin memiliki ciri khas dalam menulis.

 

3. Judul yang terlalu biasa atau umum

memangkan lomba menulis blog

Coba lihat di awal tulisan ini tadi, lomba saya yang memangkan juara 1 itu semua lawan selalu menggunakan kata-kata “Speedy Instan” mungkin karena tema yang di bahas memang itu, tetapi cobalah ambil di sisi yang unik seperti judul yang saya buat itu, (Berbagi pengalaman di acara sosialisasi penggunaan wifi.id) walaupun tidak ada kata-kata speedy instan di dalam tulisannya tetapi bisa meraih hati dewan juri.

 

4. Kurang dokumentasi pendukung

memangkan lomba menulis

Hal ini adalah bagian yang tidak bisa di pandang sebelah mata, karena dokumentasi berupa foto atau video bisa membuat tulisan kita tidak membosankan dan lebih hidup. Banyak dari mereka beranggapan memberikan banyak gambar akan terlihat seperti galery foto, tetapi nyatanya tidak, asal kita bisa menempatkanyya secara benar dan tidak berlebihan, seperti artikel saya itu yang memiliki banyak foto tetapi sesuai dengan penjelasannya.

 

5. Tulisannya masih ada yang “Janggal”

memangkan lomba menulis blog baru

Menulis banyak hingga beratus-ratus kata memang terlihat melelahkan, tetapi hasilnya akan terbayar sesuai usaha yang kita lakukan. Tetapi agar terlihat tidak ada sesuatu kejanggalan silahkan baca berulang-ulang. Hal ini saya lakukan karena jika membaca berulang-ulang maka kita akan menemukan beberapa kata yang kurang ataupun janggal yang membuat tidak enak dibaca, bahkan bisa membuat bingung. Maka cobalah untuk baca seteliti mungkin, dan mintalah teman atau keluarga untuk menilai tulisan Anda.

 

6. Tidak mengikuti syarat dan ketentuan lomba

memangkan lomba menulis di blog

Ini adalah hal yang sangat fatal jika sampai tidak diperhatikan, karena biasanya kita sering kali melewatkan hal-hal sepele yang merupakan kewajiban lomba menulis blog. Baik itu memberikan link, banner hingga mendaftar. Jadi usahakan kita benar-benar melakukan dan mengikuti syarat lombanya.

 

Jadi dari tulisan tersebut agar lebih mudah dipahami dapat saya simpulkan menjadi kalimat sederhananya ialah seperti ini. ” Walaupun kita seorang pemula yang baru ingin memulai lomba menulis blog, jangan fokus ke lawannya siapa, tetap percaya diri dengan kemampuan yang telah ada di dalam diri kita, Bukan hanya itu saja tetapi jangan pernah sekali-kalai mengikuti konsep tulisan lawan, karena juri itu benar-benar profrsional dalam menilai. Buatlah judul yang memikat hati juri, lengkapi tulisan yang diperlombakan dengan dokumentasi atau ilustrasi yang menarik. Tetap cek kata yang ada dalam artikel jangan sampai ada yang janggal setelah yakin sebelum mendaftar silahkan cek persyaratan yang wajib dilakukan”

 

begitulah cara saya selama ini dalam mengikuti lomba blog, sudah hampir 2 tahun saya rajin mengikuti lomba semoga 6 hal tersebut bisa membantu.

89 Replies to “Belum Pernah Menang Lomba Menulis di Blog? Mungkin 6 hal …”

  1. Nomor 2, Mas. Haha.
    Tapi enggak sepenuhnya nyuri sih, saya cuman nyari referensi kata kunci serupa saja. Enggak niru juga, karena intinya bisa jadi berbeda. Yang jelas tema yang dibahas serupa. Begitu. Tapi enggak di lomba sih. Itu di nulis artikel biasa. Kalau Buat Lomba gak bakal nyontek. hehe. Cuman ya belum pernah menang.

  2. Thanks infonya. belum pernah nih menang lomba blog yg gede2..

    bener juga ya.. *nyengir*
    sering banget (terpaksa) jadi deadliner. padahal harusnya nulis dari awal dan editingnya lama ^^

  3. Saya juga belum pernah menang. Hehehe..tapi ya wajar lah ya, mungkin konten saya belum ‘kece’. Saya justru seringnya Ga Teliti Sama Syarat Dan Peraturan Lomba. Mangkannya ga menang2 ya hehehe. Tapi tetep semangat kok…pantang mundur. Lumayan, ikutan lomba = bisa posting blog wkwkwkwk

  4. saya biasa ngelakuin hal yang fatal gan yaitu no. 2, di bulan sekarang lomba apa aja yah gan pengen ikutan nih, mana mungkin karena beruntung bisa menang πŸ˜€

  5. Kalau saya boleh nambah satu lagi Bro? Suka kelupaan deadline lomba jadi sering kelewatan, udah mau nulis ternyata udah habis. Wkwkwkwkkww…

  6. mas priangga biasanya liat ada lomba2 gitu dimana sih? soalnya saya masih bingung mencari tempat lomba menulis blog gitu??

  7. sesuai dengan apa yang pernah saya alami, kalo aja ketika itu saya ga pake banner lawan saya, mungkin saya ga didiskualifikasi dan ada kesempatan dapet 3 besar πŸ˜€

  8. Point 1 dan 6 penting banget tuh.. Tapi gak nyaranin point 2 iihh,, parafrase jadi bukan diri sendiri. Tapi memang bener, kita harus pede walau lawan nya sang mastah..

  9. Pengamatan saya, sekarang banyak blogger yg menang lomba karena didukung design atau infografis yg bagus… jadi mungkin bisa ditambahkan nih tips belajar design menarik.

    semangat mengincar lomba hehehe XD

    1. Iya sih sepertinya begitu, tapi ada beberapa juri yang ga liat infografis, biasnaya bener2 liat dari tuisannya
      kalau bisa buatnya ntar saya bagiin mas πŸ˜€

  10. Saran2nya bagus Mas πŸ˜€
    Kebetulan saya juga udah beberapa kalo ikutan lomba blog tapi gak pernah menang.
    Saran-saran Masnya sih sesuai realita,
    Semoga bisa konsisten saya praktekkin kalo lain kalo ikut lomba lagi

  11. Kalau saya minder, apalagi kalau langganan menang juga ikut.

    Makanya saya belum berani ikut lomba2 blog yang hadiahnya jutaan. Kalau giveaway kecil2an sering ikut dan pernah menang πŸ™‚

  12. Sy termasuk Blogger yg ngambekkan, klo gak menang lomba jadinya putus asa, Hahaha. .
    Abis itu malah seringnya bikin lomba πŸ˜€

    Makasih sharingnya anyway

  13. makasih pencerahannya mas, sy br bbrpa kali ikut.lomba tp blm yg skala gede2. Intinya harus niat ya bkin artikelnya, kl perlu riset dl dan editingnya jg hrs berulang2. Semangat!

  14. Kalo saye ndak ade 6 6 nye. krna yg buat ndak menang tu krna ndak ikutan lombanye. huahahaha..

  15. saya belum terlalu sering ikut lomba blog, kadang masih belum pede atau mentok di ide hehe, makasih mas tips-tipsnya πŸ™‚

  16. Udah lama ga ngontes.Malu Euy. jadi inget artikel lomba blogku yang menang juga emang aku baca berulang-ulang. Cari foto yang pas,benerin struktur kalimat dan koreksi typo. Sekarang lomba blog juga banyak yang menjadikan infografis sebagai salah satu poin penliailannya, ya. Nah yang satu ini saya masih cetek banget.

  17. Aku kalo mo ikut lomba gak mau baca punya lawan krn takut minder. Begitu tulisanku selesai baru aku baca punya mastah yg ikutan dan langsung tau bhw aku bakalan kalah…hahahhaa

  18. Soal minder sama tulisan lawan itu memang bikin down banget, jadi mungkin nggak perlu curi-curi pandang aja kali ya, tapi susah, bawaannya pengen bandingin tulian kita sama peserta lain. Padahal dampaknya malah nggak baik. πŸ™

  19. Nomer 2 deh selalu jadi kendala, mesti ada aja rasa penasaran gitu hehee..

    Sama kejanggalan. kadang kata penyambung masih ada yang aneh. Semoga bisa menang deh lomba nulis berikutnya hehehe

  20. Sebelumnya saya ucapkan selamat dulu deh atas prestasinya untuk memenangkan perlombaan menulisnya untuk adminnya..

    Saya juga sudah pernah 6X mengikuti beberapa perlombaan menulis sebuah artikel, tapi alhamdulilah selalu kalah terus tuh mas.. πŸ˜€ tapi dengan nasehat dari artikel ini mungkin kedepannya nanti bisa saya coba juga ya sebagai alat penyemangat untuk menulis lebih baik lagi. Dan terimakasih mas atas refrensinya..

  21. maaf bang admin mau tanya.
    kalo ikut lomba sekaligus banyak. tidak hanya satu lomba saja. kira-kira bisa gak mas. takut berpengaruh aja.

      1. oh sip kalo gitu bang priangga. ane gak maksud sok kepintaran juga sih. hanya ingin uji nyali toh kalo kalah juga apa-apa. hehe tengkiu mas

  22. Terima kasih atas tipsnya mas, membangkitkan semangat yg telah hilang, ternyata kalah dalam lomba 2-3 kali itu hal biasa ini sangat memotivasi sekali untuk terus berkarya.

  23. Saya belum begitu intens mengikuti lomba blog, karena saya menyadari kemampuan menulis saya masih jauh dari kata “berkualitas”.

    Membaca perjuangan om priangga yang sampai 29x kalah lomba, saya merasa malu karena baru ikut 1, 2x saja sudah hampir menyerah. Salut atas perjuangannya om…

  24. Mantab mas… Saya juga masih suka minder kalau saingannya mastah, hahaha. Jadi pilih ikutan yang ada peluang besar menangnya aja, yang hadiahnya lumayan, tapi tidak menonjol hohoho. Dan alhamdulillah udah pernah ngerasain juara

    Mungkin di tahun 2018 harus optimis lawan mastah

  25. Yang nomer 3 dan 4 masih sering dilakukan dan memang hasilnya gak maksimal, gak bisa menang. Tapi saat menulis dg gaya sendiri dan dari hati, Alhamdulillah pernah nyantol jadi juara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *