Jasa Review Review berkualitas untuk produk Anda agar terkenal.

Keindahan Wisata Situ Patenggang yang Hits dan Populer di Bandung

Wisata Situ Patenggang merupakan salah satu kawasan wisata alam yang sangat terkenal di Bandung. Sudah tidak mengherankan bila Bandung memiliki potensi wisata yang cukup banyak, seperti wisata pegunungan, hutan, danau, hingga wisata belanja.

Oleh karena itu bila anda berkunjung ke Jawa Barat tidak lengkap rasanya bila tidak singgah ketempat-tempat wisata di Bandung yang sangat indah. Salah satu kawasan wisata di Bandung yang kami rekomendasikan untuk dikunjungi yaitu Danau situ Patenggang. Danau ini adalah sebuah danau eksotis yang berlokasi di daerah Ciwidey, Kab. Bandung Selatan.

Legenda Situ Patenggang

Sebelum mengenal lebih jauh tentang keindahan wisata Situ Patenggang, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu asal mula dan legenda danau  cantik ini. Awal mula nama danau ini karena kisah percintaan raden Santang dan dewi rengganis yang terpisah sekian lama.

Patenggang bersumber dari kata pateang-teang ( saling mencari). Setelah beberapa lama saling mencari, mereka pada akhirnya berjumpa di lokasi yang sekarang diberi nama batu cinta. Lalu Sang Dewi pun menyuruh Raden Santang untuk dibuatkan sebuah danau dan perahu untuk  berlayar, dan perahu inilah yang konon ceritanya kemudian menjadi pulau di tengah-tengah situ.

Lokasi Situ Patenggang

Situ Patenggang berlokasi di Ciwidey dengan jarak sekitar 47 km dari kota Bandung bisa ditempuh dalam waktu 2 jam perjalanan. Bila Anda memakai kendaraan pribadi, Anda bisa melewati jalur Kopo kearah Soreang, Ciwidey dan Situ Patenggang. Kawasan wisata ini juga tidak jauh dengan kebun teh ciwalini, dan kawah putih. Untuk menuju ketempat ini sebaiknya gunakanlah operator XL karena sinyalnya disana 4G dan bisa membuat kita selalu aman kemana-mana.

Rute Perjalanan Ke Situ Patenggang

Jika memakai angkutan umum, Anda bisa menaiki bus dari terminal Leuwi Panjang menuju terminal Ciwidey dengan ongkos sekitar Rp.6000,-. Lalu Anda bisa melanjutkan perjalanan kembali memakai angkutan kota yang langsung menuju ke Situ Patenggang.

Hingga saat ini Situ Patenggang merupakan salah satu lokasi liburan favorit bagi wisatawan lokal maupun luar daerah. Di tempat ini Anda bisa menikmati keindahan danau seluas 45.000 hektar. Selain itu yang menarik dan unik dari lokasi wisata ini yaitu dengan adanya batu cinta dan pulau asmara. Bila Anda ingin berkunjung ketempat ini, disarankan saat pagi hari karena udaranya masih sangat segar.

Kegiatan Seru di Situ Patenggang

Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru di danau ini, seperti menaiki perahu bebek, memancing, dan bersepeda air mengelilingi danau. Bila ingin menginap, anda bisa mendirikan kemah di pinggir danau. Lokasinya yang tidak jauh dari kawasan wisata Kawah Putih Ciwidey,  membuatnya bisa dijadikan paket wisata liburan yang wajib dikunjungi saat  berada di kota Bandung.

Harga Tiket Masuk ke Situ Patenggang

Anda bisa mengunjungi kawasan wisata ini kapan saja, namun disarankan untuk datang ketempat ini pada pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB agar anda bisa puas menikmati sajian wisata danau yang cantik. Untuk masuk ke tempat ini, anda akan dikenakan tiket masuk weekend ataupun weekdays sebesar 20 ribu rupiah.

Demikianlah ulasan singkat mengenai keindahan tempat wisata Situ Patenggang yang wajib anda kunjungi saat berlbur di kota Bandung. Danau ini bisa menjadi alternatif tempat liburan bersama pasangan tercinta ataupun keluarga. Semoga bermanfaat.

17 Comments

Leave a Reply