Jasa Review Review berkualitas untuk produk Anda agar terkenal.

Sekilas Tentang Bahan Akrilik dan Cara Pembuatan Plakat

Plakat akrilik adalah salah satu bahan plakat yang pastinya sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Bahkan tak jarang saat Anda mendengar kata plakat, hal pertama yang terlintas di benak Anda adalah plakat akrilik. Namun seperti apakah jenis plakat yang satu ini? Mari kita berkenalan dengan plakat yang terbuat dari akrilik ini.

Plakat yang menggunakan bahan akrilik biasanya berwarna bening dan berupa lembaran.akrilik bisa Anda temui dalam kehidupan sehari-hari seperti misalnya name tag di meja teller atau customer service, tempat brosur, atau berbagai ornament logo. Namun apa sebenarnya akrilik itu? Akrilik adalah bahan yang bersifat cair bila dipanaskan dan transparan. Pada umumnya disebut dengan kaca akrilik atau akrilik saja. Akrilik dikembangkan pada tahun 1928 di berbagai laboratorium dan diedarkan di pasaran pada tahun 1933 oleh Rohm and Haas Company. Akrilik bersifat ringan, tidak mudah pecah, mudah untuk dipotong, dihaluskan, dibor, dikikir, dicat, dan dikilapkan. Akrilik yang beredar di pasaran tersedia dalam bentuk lembaran dengan berbagai ketebalan dan ukuran.

Sekilas Tentang Bahan Akrilik dan Cara Pembuatan Plakat

Cara Membuat Plakat Akrilik

Itulah sekilas mengenai akrilik sebagai salah satu bahan untuk membuat plakat. Sekarang mari kita bahas bagaimana cara membuat plakat akrilik. Ini dia!

  1. Tahan pemotongan badan dan kaki plakat

Tahap pemotongan ini pada dasarnya untuk membuat bentuk dasar plakat. Di tahap ini akrilik lembaran dibentuk sesuai dengan desain plakat yang Anda inginkan. Teknik pemotongan akrilik terdapat 2 jenis yaitu manual menggunakan gergaji atau cutter dan otomatis menggunakan mesin laser.

Memotong akrilik dengan cara manual ini sebaiknya hanya untuk desain plakat yang sederhana saja. Seperti bentuk lurus ataupun lengkungan yang sederhana. Desainnya juga harus memiliki radius potong besar. Karena ini adalah teknik manual maka diperlukan keahlian khusus dari para pengrajin plakat agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Namun Anda harus ingat bahwa masalah utama dari teknik manual ini adalah keseragaman hasil potong plakat. Sehingga butuh perhatian lebih pada tahap finishing agar plakat seragam secara ukuran dan bentuk.

Teknik memotong akrilik dengan laser mempunyai beberapa kelebihan yaitu kecepatan, keseragaman ukuran dan bentuk, serta kemampuan dalam memotong bentuk yang lebih detail dan rumit. Cukup dengan sekali proses setting desain ke software dan pemotongan dapat dilakukan berulang-ulang dengan waktu yang lebih cepat tentunya. Kekurangan dari mesin laser adalah harga mesin laser tergolong mahal dan membutuhkan daya listrik yang besar. Gas yang dihasilkan oleh mesin laser juga membutuhakan penanganan khusus terutama jika mesin berada di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang tidak maksimal.

  1. Tahap menggambar, menulis dan mewarnai

Gambar dan tulisan pada plakat akrilik dapat dikelompokkan menjadi 2 yaitu 2 dimensi dan 3 dimensi. Gambar dan tulisan 2 dimensi pada akrilik dapat dibuat dengan berbagai teknik yaitu sablon dan printing. Kelebihan gambar dan tulisan 2 dimensi adalah Anda bisa membuat tulisan dan warna yang bersifat gradasi. Sedangakan untuk gambar dan tulisan 3 dimensi menggunakan mesin grafir. Prosesnya sama dengan memotong akrilik menggunakan laser.

Setelah kedua tahapan di atas masih ada pekerjaan lain dalam membuat plakat akrilik yaitu pekerjaan finishing. Hal ini berarti tahap penghalusan dan pemolesen sebagai sentuhan akhir.  Karena bahkan jika Anda menggunakan mesin laser, akan ada bekas potongan mesin laser yang kurang halus. Tahap finishing biasanya dilakukan secara manual. Jika anda ingin mengetahui prosesnya dari awal hingga jadi anda bisa ke pusat plakat yang ada di kota besar seperti Jakarta

Leave a Reply