Jasa Review Review berkualitas untuk produk Anda agar terkenal.

4 Tips Aman Berkendara Saat Mudik Lebaran Tiba

Tidak terasa sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci ramadhan. Pada masa ini bagi para orang yang merantau tentu saja akan kembali ke kampung halamannya masing-masing. Termasuk saya juga tentu akan mudik ke tempat orang tua saya tinggal. Alat transportasi yang dipilih juga beragam mulai dari jalur udara, laut hingga menggunakan jalur darat. Pada setiap tahun peningkatan jumlah pemudik banyak sekali terutama yang menggunakan jalur darat. Daripada menggunakan kendaraan umum para pemudik biasanya memilih menggunakan kendaraan pribadi baik itu mobil ataupun motor. Dari sekian banyaknya pemudik dari tahun ke tahun yang selalu kita lihat di berita didalam televisi mereka cinderung lebih memilih kendaraan roda dua.

Hal ini karena jika menggunakan motor bisa mencegah kemacetan panjang dan bisa mencari jalur alternatif agar lebih cepat sampai ketimbang menggunakan mobil atau kendaraan umum lain seperti bus. Bila anda pemudik yang menggunakan motor disini saya memiliki beberapa tips yang bisa diikuti agar tetap aman saat mudik lebaran tiba. Apa saja tips nya berikut adalah penjabarannya

Tips Aman Berkendara Roda Dua Saat Mudik

4 Tips Aman Berkendara Saat Mudik Lebaran Tiba

Ilustari: Mbahjiwo.com

1. Jangan Lupa Menggunakan Pelindung Kepala

Pelindung kepada atau Helm menjadi hal penting yang tidak bisa dilepaskan ketika berkendara menggunakan motor. Kita sebagai pengguna jalan yang baik harus bisa melengkapi aksesoris lengkap termasuk Helm. Harga helm yang tidak terlalu mahal bisa melindungi kita dari benturan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Jika kita membawa anak maka dia juga harus dilindungi. Carilah helm yang sudah memiliki label Standar Nasional Indonesia (SNI) yang terjamin mutunya. Ada banyak pabrikan helm yang membuat helm jenis ini maka pilihlah yang terbaik sesuai dengan harga helm yang masuk kedalam budget anda. Tidak perlu mahal asalkan sudah bisa melindungi kepala anda secara keseluruahan. Saya sarankan untuk membeli yang full face karena ini merupakan perjalanan yang tidak sebentar dan memerlukan waktu tempuh yang lumayan jauh.

2. Cek Kondisi Kesehatan Pengendara dan Motor

Sebelum melakukan perjalanan mudik sebaiknya anda banyak-banyak istirahat agar tubuh tetap fit saat berkendara. Cek kondisi badan anda ke dokter atau bisa juga minum vitamin untuk menjaga kesetablian metabolisme tubuh. Selain itupula jangan lupa periksa kondisi motor, service terlebih dahulu agar kendaraannya siap untuk melakukan perjalanan jauh. Ganti oli ataupun ban motor bisa dilakukan jika sekiranya belakangan ini anda belum menggantinya.

3. Berkendara dengan Kecepatan Standar

Supaya anda aman dijalan selanjutnya jangan memacu kendaraan dengan kecepatan yang terlalu laju. Gunakanlah kecepatan standar saja. Jangan kepancing emosi dengan kendaraan lain. Jika anda melihat ada yang terlalu laju dan menyusul anda biarkan saja dia terlebih dahulu anda tetap fokus berkendara jangan ikut-ikutan laju, karena ini bisa membahayakan pengguna lain dan diri kita sendiri jika terjadi kecelakaan yang tidak kita inginkan.

4. Jangan Lupa Istirahat

Saat melakukan mudik dan menempuh perjalanan yang tidak sebentar sebaiknya setiap anda merasa kantuk ataupun lelah lebih baik langsung saja berhenti untuk beristirahat. Jangan paksakan karena bisa membahayakan diri anda sendiri.

Nah itulah tadi beberapa tips yang bisa saya bagikan kepada anda calon pemudik yang siap melakukan perjalanan jauh menuju kampung halaman masing-masing. Apakah anda memiliki tips lainnya yang bisa bermanfaat silahkan tinggalkan di kolom komentar ya !!! Terimkasih

Leave a Reply