Tips Bikin Video Tutorial Ngehits

Tips Bikin Video Tutorial Ngehits

Kamu pasti pernah nonton video tutorial yang menginspirasi kamu untuk praktekkin saat itu juga kan? Dan pernah gak sih kamu pengen coba-coba untuk bikin video tutorial ala kamu sendiri? Ternyata, bikin video tutorial itu gak sesulit yang ada di bayangan kamu loh. Asalkan kamu punya ide kreatif yang oke banget dan bisa menginspirasi penonton kamu, kamu bisa bikin sendiri.

Nah, mungkin kamu bertanya-tanya, video tutorial tuh sebenarnya apa sih? Video tutorial itu berisi step by step atau tahap tahap dalam mengerjakan sesuatu, menggunakan alat tertentu atau bahkan cara membuat sesuatu. Video tutorial gak cuma dipakai oleh kalangan-kalangan pendidikan aja loh, Loopers, tapi juga ditonton oleh orang-orang yang juga ingin belajar otodidak via internet. Makanya, video tutorial kamu pasti gak bakal sepi viewers deh.

Eits, tapi gimana ya cara bikin video tutorial yang oke banget? Simak nih beberapa tips nya:

  1. Buat Ide Yang Menarik

Sebelum kamu mulai video tutorial kamu sendiri, ada baiknya kamu bikin ide yang menarik terlebih dulu. Ide bisa mencakup beberapa hal ya, Loopers, seperti konsep video yang akan dibuat, alat yang digunakan dan masih banyak lagi. Tak cuma itu, ide yang menarik juga bakal menarik penonton kamu buat nontonin video kamu, share bahkan like. Tulis semua ide menarik yang kamu punya yang menurut kamu bakal oke banget buat video tutorial kamu dan bikin seperti outline.

  1. Bikin Naskah Dulu

Setelah kamu punya ide yang menarik, langkah selanjutnya adalah menulis naskah nya yang akan kamu taruh di video tutorial kamu. Hal ini untuk menghindari kamu jadi bingung mau ngomong apa pas shooting video. Pasti jadi garing kan kalau kamu sampe lupa mau ngomong apa? Selain itu, naskah juga bikin kamu selalu fokus pada isi video tutorial yang lagi kamu buat.

  1. Pisahkan Recording Video dan Recording Audio Kamu

Kalau kamu sudah menyiapkan naskah dan peralatan untuk video tutorial kamu, sekarang saatnya kita mulai. Sebaiknya nih, kamu memisahkan recording video dan recording audio dalam file yang terpisah. Kenapa? Supaya kamu gak perlu banyak buang waktu untuk mengedit video dan untuk meminimalisir kesalahan yang kamu buat pas lagi merekam video. Kamu bisa mulai merekam video kamu dulu dan setelah itu merekam suara kamu yang memuat instruksi step by step. Gak cuma itu, dengan memisahkan recording video dan audio memudahkan kamu untuk membaca naskah sesuai dengan apa yang kamu tulis tadi. Mudah kan?

  1. Proses Editing Mudah & Cepat

Setelah video kamu selesai direkam, sekarang tahapnya ke proses editing supaya video kamu lebih enak ditonton sama viewers kamu, Loopers. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengatur dimensi video kamu dan mengedit video kamu dari kesalahan-kesalahan yang kamu buat selama proses recording. Setelah itu, kamu juga bisa mengatur video kamu untuk jadi lebih singkat dan gak memakan banyak waktu viewers kamu. Kamu juga bisa menambah efek di video tutorial kamu, seperti menambah gambar, teks atau bahkan audio yang menurut kamu menarik.

Gimana? Mudah, kan? Sekarang kamu bisa bikin video tutorial kamu sendiri kan? Eits, kalo udah jadi, jangan lupa pamerin video tutorial kamu yang kreatif banget di channel.loop.co.id ya. Ayo beri inspirasi buat Loopers yang lain buat bisa praktekkin video tutorial yang kamu buat. Selamat berkreasi, Loopers!

Tags:

One Response

Add a Comment

Jasa fotografer viapuccino studio
Viapuccino Studio, Rekomendasi Jasa Fotografi Terpercaya di Pontianak
Ini Dia Rekomendasi Jasa Penulisan Artikel SEO Friendly Murah dan Berkualitas
Artikelajaib.com: Rekomendasi Jasa Penulisan Artikel SEO Friendly Murah dan Berkualitas
Shopback, Tempat Dapatin Voucher Dan Casback Belanja Online
Shopback, Tempat Dapatin Voucher Dan Casback Belanja Online
Review Aplikasi MyJNE
Asyiknya Pakai Aplikasi MyJNE
ASUS Mengundang Fans Indonesia untuk Menciptakan Video Iklan ZenFone 3
ASUS Mengundang Fans Indonesia untuk Menciptakan Video Iklan ZenFone 3
ZenPower Ultra, PowerBank dengan Cadangan Daya Ultra Besar
ASUS ZenFone 3 Max, Telah Hadir di Indonesia
ASUS VivoBook Flip TP201, Semakin Fungsional dengan Ragam Teknologi Baru
ramadhan sale dari lazada indonesia
Belanja Kebutuhan Ramadhan dan Lebaran Terbaru Anda di Lazada
voucher 50rb Hargadunia.com
Hargadunia.com Solusi Tepat Untuk Anda yang Suka Belanja Online dari Luar Negeri
futurenet
Futurenet Indonesia dan Malaysia Siap Menjadi Rumah Baru Bisnis Affiliate
Benda-benda Yang Wajib Kamu Gunakan Agar Tetap Tampil Keren
Benda-benda Yang Wajib Kamu Gunakan Agar Tetap Tampil Keren