Tips Aman Mengendarai Mobil Saat Liburan

tips-aman-mengendarai-mobil-saat-liburan

Perjalanan liburan memakai mobil pribadi atau mobil rental sering menjadi alternatif terbaik saat Anda harus mengunjungi lebih dari dua atau tiga tempat wisata, apalagi kalau tempat wisata tersebut sulit dijangkau oleh kendaraan umum.

Jika Anda suka mengendarai mobil sendiri dan pergi berlibur bersama keluarga, mobil akan sangat menguntungkan Anda. Selain bisa leluasa membawa barang, praktis dalam menjangkau berbagai tempat, lebih nyaman, dan lebih hemat waktu. Namun, Anda perlu berhati-hati saat menyetir, lihai dalam menghindari kemacetan, mampu menghadapi medan berat, menghitung waktu perjalanan, menghemat bahan bakar, dan tetap waspada agar aman.

Lantas, hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan agar aman berkendara jauh pada saat liburan? Simak yuk.

  1. Sebelum mulai menyetir jarak jauh, Anda perlu cukup tidur dan mengisi perut Anda dengan makanan secukupnya. Minuman berkafein tinggi tidak selalu menjadi pilihan terbaik untuk membuat Anda tetap terjaga, meskipun Anda bisa lebih fokus sementara waktu, tapi efeknya akan berangsur hilang dan membuat Anda jadi kurang waspada ketimbang saat Anda betul-betul terjaga.
  1. Menepi dan beristirahatlah setiap beberapa jam, meski Anda tidak mengantuk. Anda bisa menyantap camilan, mencari udara segar, ke toilet, meluruskan badan sejenak atau meregangkan kaki sambil berjalan-jalan keliling. Kalau Anda mengantuk, tidurlah sebentar sebelum melanjutkan perjalanan lagi.
  1. Lebih baik jika ada pengemudi lain bersama Anda dan bisa menggantikan Anda menyetir kalau lelah atau mengantuk, sehingga Anda bisa beristirahat tanpa membuang waktu perjalanan. Kalau Anda menyetir sendiri, putar musik dan buka sedikit jendela mobil. Berusaha konsentrasi menjaga kecepatan mobil juga bisa membuat Anda tetap terjaga.
  1. Kalau Anda harus minggir dan menepi, usahakan ban mobil tidak berada di jalanan. Jangan pernah parkir di bahu jalan kecuali untuk alasan darurat.
  1. Taati peraturan berkendara dan hidari penggunaan telepon genggam saat mengemudi. Di beberapa tempat secara tegas melarangnya. Boleh saja mengobrol di telepon genggam, asal Anda menggunakan hands-free agar lebih aman.
  1. Jangan mengkonsumsi alkohol sebelum mengemudikan mobil, apalagi akan melakukan perjalanan jauh. Kalau pun Anda tidak mabuk, Anda akan mengantuk.
  1. Perhatikan kondisi cuaca, jika terlihat cuaca akan buruk, Anda bisa memutar balik dan menepi di tempat yang aman. Jangan sampai kenekadan Anda berbuah sial yang justru membuang waktu perjalanan.
  1. Ikuti terus perkembangan kondisi jalan lewat pantauan radio, aplikasi smart phone, dan saluran berita yang bisa memberikan informasi jalan yang mungkin Anda butuhkan.
  1. Bawa peta perjalanan menuju ke tempat-tempat tujuan wisata Anda untuk berjaga-jaga, sebab kadang-kadang Anda tidak bisa sepenuhnya mengandalkan teknologi untuk menuntun perjalanan Anda.
  1. Jika Anda berkendara dengan mobil rental, biasakan diri Anda saat mengemudikannya dan kenali fitur-fiturnya. Kalau sudah biasa, Anda akan semakin mudah mengemudikannya.
  1. Biasakan juga dengan peraturan berkendara di daerah asing, terlebih saat berada di luar negeri, perhatikan larangan-larangannya dan taati.
  1. Periksa kondisi kendaraan atau mobil Anda sebelum perjalanan jauh, isi penuh tangki bahan bakar, dan pastikan peralatan darurat untuk di jalan lengkap tersedia di mobil Anda.
  1. Bawa persediaan makanan dan minuman. Anda tidak pernah mengetahui kondisi apa yang akan Anda temui di perjalanan, maka lebih baik mengantisipasi kemungkinan dehidrasi atau kelaparan dengan menyimpan stok makanan dan minuman praktis yang cukup banyak.
  1. Jika Anda berkendara jarak jauh, Anda perlu membawa peralatan makan seadanya yang praktis untuk sekaligus menyimpan makanan Anda, seperti serbet, boks makan kedap udara, gelas, sendok garpu, dan piring plastik.
  1. Pastikan semua anggota keluarga yang ikut dalam mobil Anda memakai sabuk pengaman sepanjang perjalanan. Untuk mengantisipasi terjadinya resiko kecelakaan yang lebih parah saat perjalanan jauh.

Di tengah maraknya berbagai jasa travel yang menawarkan promo tiket dan menjual tiket pesawat murah, pengalaman liburan menggunakan mobil masih menjadi pilihan favorit beberapa keluarga. Selain menawarkan petualangan yang berbeda, pemandangan menarik di sepanjang perjalanan, ternyata berkendara jarak jauh demi liburan juga bisa menghemat banyak biaya perjalanan.

Tags:

Add a Comment

Jasa fotografer viapuccino studio
Viapuccino Studio, Rekomendasi Jasa Fotografi Terpercaya di Pontianak
Ini Dia Rekomendasi Jasa Penulisan Artikel SEO Friendly Murah dan Berkualitas
Artikelajaib.com: Rekomendasi Jasa Penulisan Artikel SEO Friendly Murah dan Berkualitas
Shopback, Tempat Dapatin Voucher Dan Casback Belanja Online
Shopback, Tempat Dapatin Voucher Dan Casback Belanja Online
Review Aplikasi MyJNE
Asyiknya Pakai Aplikasi MyJNE
Hadirkan ZenFone 3 Deluxe, ASUS Gelar Promo Sangat Menarik
Awal Tahun, ASUS Hadirkan Ultrabook Premium dengan Prosesor Juara
ZenFone Go ZB690KG
ASUS Gelar Pre Order untuk ZenFone Go ZB690KG sampai 20 Desember 2016
ASUS Mengundang Fans Indonesia untuk Menciptakan Video Iklan ZenFone 3
ASUS Mengundang Fans Indonesia untuk Menciptakan Video Iklan ZenFone 3
ramadhan sale dari lazada indonesia
Belanja Kebutuhan Ramadhan dan Lebaran Terbaru Anda di Lazada
voucher 50rb Hargadunia.com
Hargadunia.com Solusi Tepat Untuk Anda yang Suka Belanja Online dari Luar Negeri
futurenet
Futurenet Indonesia dan Malaysia Siap Menjadi Rumah Baru Bisnis Affiliate
Benda-benda Yang Wajib Kamu Gunakan Agar Tetap Tampil Keren
Benda-benda Yang Wajib Kamu Gunakan Agar Tetap Tampil Keren