Jasa Review Review berkualitas untuk produk Anda agar terkenal.

Review ASUS ZenFone 3 ZE520KL Resmi Indonesia

Berbeda dengan seri pendahulunya kini ASUS menghadirkan seri zenfone 3 dengan perubahan yang sangat signifikan. Diantaranya mulai dari desain, prosesor hingga kameranya. Bukan hanya pada sisi tersebut saja yang berubah, tetapi dari segi harga juga terlihat agak sedikit mengalami kenaikan. Apakah masih layak dengan harga yang agak sedikit berubah untuk membeli smartphone ini ?

Oke tanpa berlama-lama lagi ini dia Review ASUS Zenfone 3 ZE520KL. Memiliki sebuah smartphone dengan beragam fitur unggulan tentu saja menjadi idaman bagi semua orang, termasuk juga saya. Bila kamu sedang mencari smartphone dengan kriteria seperti itu, sepertinya ASUS Zenfone 3 ZE520KL ini cocok untuk dibeli.

Baca Juga : Unboxing ASUS ZenFone 3 ZE520KL Resmi Indonesia

Zenfone 3 ZE520KL memiliki banyak sekali fitur yang sangat menggoda untuk bikin kita kebelet cari tombol beli, Sebelum kita ngomongin lebih jauh lagi, berikut ini dia Spesifikasi lengkapnya si ASUS Zenfone 3

Review ASUS ZenFone 3 ZE520KL

Review ASUS ZenFone 3 ZE520KL

Model ASUS ZenFone 3 ZE552KL / ZE520KL / ZE520KL
CPU Qualcomm Snapdragon 625 octa core 64-bit 2GHz
GPU Adreno 506 650MHz
RAM 4GB / 4GB / 3GB RAM
Storage 64GB / 32GB / 32GB + 5GB ASUS Webstorage gratis
Micro SD Yes (up to 128GB)
Connectivity WIFI 802.11ac, MiMO Wi-Fi, Bluetooth 4.2, USB Type-C, Fingerprint sensor
Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100, LTE band 1 (2100), 2 (1900), 3 (1800), 5 (850), 8 (900), 26 (850), 28 (700), 39 (1900), 40 (2300), Speed HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat6 300/50 Mbps
SIM Card Micro SIM slot + Nano / MicroSD slot
Navigation GPS, AGPS, GLONASS, Beidou
Display 5.2” / 5.5” FHD 1920 x 1080, Super IPS+ display with 178’ wide view angle,  Corning Gorilla Glass 3 display
Video Video Recording MPEG-4 1080 @30fps, Playback MPEG-4 up to 1080p
Battery Lithium-Polimer 3.000 mAh / 2600 mAh non removable
Main Camera 16MP Sony Exmor RS IMX298, f/2.0, Laser/Phase Detection AF, OIS (4-axis), dual-LED flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
Front Camera 8MP, f/2.0, 1080p
Sensor Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass
Audio Dual Microphone dengan Noise Cancellation, ASUS SonicMaster untuk suara lebih jernih dan bass lebih dalam dengan 5 magnet sound chamber
OS Android M with next-gen ZenUI 3.0
Dimension 146.9 x 74 x 7.7mm / 152.6 x 77.4 x 7.7mm
Weight 144g / 155g
Warna Ocean Blue, Moonlight White, Shimmer Gold

Desain yang Indah

Yang pertama akan kita bahas adalah mengenai Desain, Jika dilihat dari bodynya yang  keren abis ini bisa di bilang mirip Bunga Citra Lestari (BCL). Hal ini karena dibagian yang paling kelihatan perubahannya jika dibandingkan dengan seri zenfone-zenfone sebelumnya. ASUS sepertinya ingin keluar dari zona nyamannya dengan membawa peruahan yang cukup membuat saya terkagum-kagum. Dibalut dengan body premium kaca gorila glass 2,5D pada bagian depan dan belakangnya membuat smartphone ini dilihat dari sisi manapun terlihat seksi.

ASUS ZenFone 3 ZE520KL Tampak Bawah

ASUS ZenFone 3 ZE520KL Tampak Bawah

ASUS ZenFone 3 ZE520KL Tampak Samping

ASUS ZenFone 3 ZE520KL Tampak Samping

ASUS ZenFone 3 ZE520KL Tampak Samping

ASUS ZenFone 3 ZE520KL Tampak Samping

ASUS ZenFone 3 ZE520KL Tampak Depan

ASUS ZenFone 3 ZE520KL Tampak Depan

Mau dari depan, belakang, atas, bawah dan samping pokoknya keren banget deh, bukan hanya keren tetapi juga kacanya itu kokoh karena sudah menggunakan corning gorila glass 4. Itu baru desain, dan kalau kita lihat dari sisi kameranya tentu ASUS terbilang serius meningkatkan kualitasnya pada bagian ini.

Kamera Yang Kaya Fitur

Beruntunglah buat kita para pecinta fotografi ponsel yang sering foto-foto, sepertinya sekarang ini ASUS Zenfone 3 ZE520KL sudah bisa “menggantikan” peran DSLR ataupun Mirrorless untuk yang tidak ingin repot-repot lagi.

Baca juga: Kemeriahan Peluncuran ASUS Zenfone 3 Pada Event Zenvolution 2016

Saat ini ASUS Zenfone 3 sudah dibekali oleh sensor  kamera 16 Mp yang di dampingi pula oleh laser auto focus yang super cepat seperti pendahulunya, Zenfone 3 ZE520KL juga sudah dinamkan fitur Optical Image Stabilization (OIS) yang membuat hasil foto dan videonya bisa lebih stabil, selain itupula dengan PixelMaster 3.0 yang dilengkapi dengan beragam fitur didalamnya juga dapat membantu mengambil fokus lebih cepat, lebih jernih, dan lebih natural ketika mengabadikan gambar di dalam kondisi minim cahaya sekalipun.

Dengan membawa fitur pada kameranya tersebut kini dapat dipastikan ketika mengambil gambar akan lebih baik daripada sebelumnya. ASUS terlihat percaya diri ketika membanggakan kameranya tersebut, bukan hanya omong kosong belaka, tetapi yang dibawanya kini benar-benar memanjakan fotografi walaupun masih amatiran seperti saya. Itu semua karena hasilnya yang baik hingga Zenfone 3 ZE520KL ini mendapat slogan yang berbunnyi “Built For Photography” Bukan cuma slogan biasa, tapi setelah saya buktikan sendiri hasilnya luar biasa. Mari kita lihat berbagai koleksi foto saya dari beragam mode yang ada pada PixelMaster 3.0 berikut ini:

Hasil Foto ZenFone 3 ZE520KL

Mode Otomatis

Mode Otomatis

HDR ON

HDR ON

Mode Depth of Field (DOF)

Mode Depth of Field (DOF)

Mode Malam

Mode Malam

Hasil Long exposure Zenfone 3

Long exposure Zenfone 3 (foto by Freddy Hernawan)

Kamera Depan

Kamera Depan

Ngambil Foto cepet, Hasil Tajam, Selain itu juga hasil Videonya juga stabil dan yang gak kalah keren bisa ngambil video di kualitas 4K loh. Untuk sample videonya menyusul ya karena koneksi saya masih terbatas. Mari kita lanjut dulu.

Performa Luar Biasa

Ngomongin performa ASUS Zenfone 3 ini cukup bisa di andalkan buat segala aktifitas kita sehari-hari. Mulai dari Social Media, bermain game dan berbagai macam lainnya bisa di atasi dengan sangat mudah tanpa terjadinya lag ketika melakukan multitasking dibanyak aplikasi. Hal ini karena ASUS ZenFone 3 sudah diperkuat oleh dapur pacu octa-core terbaru Qualcomm Snapdragon 625. Ini merupakan lini produk Snapdragon 600 series pertama yang diproduksi dengan teknologi FinFET 14 nanometer.

Hasil CPU-Z dan antutu benchmark Zenfone 3

Hasil CPU-Z dan antutu benchmark Zenfone 3

Kalau dibandingkan dengan Qualcomm Snapdragon 617 terdahulu, Prosesor yang terdapat pada Zenfone 3 ini telah menawarkan efisiensi energi hingga 35% lohh. Itu artinya selain peforma meningkat tetapi konsumsi dayanya lebih rendah, ini terbukti karena walau kapasitas baterainya tidak sampai 3000 mAh tetapi tetap bisa bertahan seharian dengan aktifitas normal dengan screen on time 5 hingga 6 jam. Itu artinya jika kamu jarang bermain game seperti saya cukup satu hari satu kali saja dalam mengisi baterainya.

Baca juga: Pengalaman Seru Mengikuti ASUS Incredible Race yang Pecahkan Rekor Muri

Dalam urusan konektivitas internet, ASUS ZenFone 3 telah memanfaatkan modem milik Qualcomm Snapdragon X9 LTE modem yang terintegrasi dan juga konektivitas Multi User-Multiple Input Multiple Output (MU-MIMO) berbasis Wi-Fi 802.11ac. Secara teoritis, interkoneksi WiFi ini mampu menawarkan kecepatan transfer hingga 7Gbps atau 900MBps. Dengan adanya grafis adreno 506 yang setara dengan peforma grafis PC jika di padukan dengan RAM 3GB dan 4GB Zenfone 3 ini mampu melahap game 3d dengan mudah dan lancar. Buat yang suka bermain game pada smartphone, dengan Zenfone 3 anda tidak perlu meragukannya lagi untuk peforma, walau ini versi ram 3 GB dan internal yang 32 GB setelah saya coba bermain game berat juga masih oke. Selain itu juga, buat yang suka ngerekam gamenya abis itu di unggah ke youtube ZenFone 3 juga bisa, kamu tinggal buka aplikasi Game Zeny dan mulailah merekam dan bagikan.

Selain dari 3 keunggulan utama di atas ASUS ZenFone 3 juga telah dibekali oleh sensor sidik jari yang diletakkan pada bagian belakang, keakuratan dalam mengenali jari kita ini cukup cepat dan dapat membuka kunci hanya dalam waktu 0,22 detik saja. selainitu juga pada bagian sisi-sisinya terdapan tombol untuk up down volume, power dan simcard

Tidak ada yang sempurna didunia ini, begitulah kira-kira karena cukup disayangkan pada seri Zenfone 3 yang saya miliki ini tidak memiliki fitur fast charging seperti zenfone 2 versi ram 4 GB sebelumnya, tapi untunglah ASUS telah menggantikan tipe pengecasnya ke USB tipe C yang dimana dalam pengisian dayanya saya rasa juga cukup cepat disbanding kabel USB biasa loh, ini merupakan smartphone yang hampir sempurna menurut saya. Untuk bisa membawa semua fitur2 unggulannya seperti yang sudah saya bilang diatas kita harus mengeluarkan dana sebesar Rp. 4.099.000,- sejak tulisan ini saya tayangkan.

Kesimpulan

Bila kamu adalah seorang yang suka fotografi sekaligus suka membuat liputan berupa video dan gamers android yang memperhatikan desain saya rasa ASUS ZenFone 3 ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu miliki. Selain desain, kamera dan tenaganya yang bisa di andalkan ASUS ZenFone 3 ini juga bisa menemanimu sehari-hari tanpa kendala. Tetapi kamu juga harus berhati-hati ketika membawanya, karena bodynya cukup licin jika kamu belum terbiasa memegang smartphone seperti ini. Tapi hal itu bisa di atasi dengan membeli pelindung yang kini sudah banyak dijual di marketplace dan kamu bisa membelinya disana. Oke cukup sekian dulu review saya kali ini semoga bisa membantu dalam merekomendasikan smartphone terbaik pada akhir tahun 2016 ini. (PO)

8 Comments

Leave a Reply