Power of Lazy, Sisi Positif Sifat Malas

BILL GATES pernah berkata bahwa ia lebih suka bekerja dengan orang malas, karena orang yang malas itu cenderung kreatif, orang yang malas akan selalu mencari cara bagaimana cara tercepat dan mudah menyelesaikan pekerjaannya, sehingga akan ditemukan tehnik baru, jalan pintas baru yang inovatif.

Inilah alasan masuk akal dari tokoh sekaliber Bill GATES Sang pendiri Microsoft, mungkin ada benarnya, tetapi yang dimaksud Bill gates tentunya bukan orang malas yang bodoh, tapi orang yang cerdas dan berilmu, dan bukan sembarang malas.

Malas dan rajin sepertinya kontradiksi, tapi sebenarnya kedua sifat itu dalam porsi yang tepat sangat menguntungkan, ibarat kopi dan gula yang satu manis yang satu pahit, jika bertemu dengan takaran yang pas akan melahirkan minuman yang nikmat.

Dalam jiwa setiap manusia kedua sifat itu ada demi keuntungan manusia, dan terbukti mendorong umat manusia pada kemajuan. mungkin kita bertanya-tanya, bagaimana bisa?
rasa malas mendorong umat manusia pada kemajuan?  kalau rajin sepertinya semua sepakat mengatakan ya.

Nah sekarang saatnya pembuktian dari Power of Lazy

 

Seperti Halnya Kutub Batere Ada Kutub Positif Ada Kutub Negatif, Maka Terjadilah Arus Listrik :

  1. Awalnya manusia rajin jalan kaki, kemana mana jalan kaki, kemudian timbul rasa malas, maka dijinakkanlah kuda, lama kelamaan bosan juga naik kuda  diciptakanlah sepeda,  malas mengayuh diciptakanlah sepeda motor,  terus dan terus……….  sampai tak terhingga moda transportasi  disana ada ; mobil,  trem , jet kereta api,  kedepan entah apa lagi.  Yang pasti manusia makin nyaman dan manja.
  2. Awal-awal ada Tv untuk ganti siaran kita harus mendekat ke tv untuk ganti siaran, rasanya ribet jika harus beranjak dari tempat duduk, apalagi jika duduk diatas sofa baru yang empuk. Remote kontrol akhirnya menjawab rasa malas itu  dan tak perlu beranjak dari sofa baru yang empuk.
  3. Tahun 90an adalah era telpon rumah dan telpon umum. Bagi yang punya telpon rumah, kalau mau nelpon sohib harus buka buku no telpon. Kalau gak mau repot buka buku ya harus menghapalkan no telponnya sampe mahir diluar kepala, celakanya kalau sohibnya banyak… bisa pening kepala dibuatnya.

Bagi yang gak punya telpon rumah ,ada perlu nelpon harus lari ke telpon umum, bawa koin recehan, kalau gak hapal no telpon yang di tuju harus bawa buku poket, baru bisa cas cis cus.

Tahun berikutnya muncullah hp ,  laris manis bak kacang goreng , bendanya kecil bisa dibawa kemana saja  karena gak ada talinya, dan gak usah menghapalkan no telpon.

Sekarang jika harus lari ke wartel antri atau harus menghapalkan no telpon rasanya ribet dan malas gitu deh..karena hp sudah memenuhi hasrat malas ku.

  1. Lift dan eskalator. Jika ada dua bangunan mall yang satu pake tangga biasa,  dan yang lainnya pake lift dan  eskalator maka bisa ditebak, mana yang rame di kunjungi?   terutama oleh anak muda yang hobi narsis. Bisa dimaklumi malas gitu loh, masa hari gini naik turun tangga! emang gue ular tangga !?
  2. Rice cooker, kompor gas, mesin blender, mesin cuci, mesin pompa air dan alat alat rumah tangga modern lainnya membuat jalan pintas yang hebat dari alat manual yang kuno. Betapa gelagapannya manusia masa kini jika listrik padam, karena semua alat alat rumah canggihnya jadi mogok.

Masih belum lupa kenangan bagaimana menanak nasi dengan kayu bakar, betapa tebal kerak di bawahnya, masih mending daripada gosong. Atau harus menimba air di sumur dengan kerekan, keringat mengucur dan napas ngos-ngosan bak mandi belum juga penuh ,apalagi sumur begitu dalam.

Masih ingat pula kejadian saat kayu basah.., asap mengepul memenuhi ruangan,  padahal sudah lelah mulut ini  meniup dengan buluh, namun api masih enggan menyala dengan cantik,  kayu lembab, mata jadi merah dan terbatuk-batuk.

Kadang kita membatin betapa makin ringkihnya manusia masa kini. Manusia kini kian bergantung kepada alat canggih, sementara alat-alat manual yang kuno masih tersimpan  jadi benda musium pribadi.  Semua masih ingat  karena belum juga lama masa itu, bagaimana sensasi bekerja dengan alat manual kuno itu, sembari membayangkan ;

“Gak kuku deh jika harus kembali pake alat jadul tsb. Dengan kata lain malas deh!’’.

Ya zaman berubah dengan sangat cepat. Dan semua ingin yang serba instan.  Masak nasi tinggal masukan beras di RC udah njeglek  nasi pasti mateng bebas kerak. Mau buat sayur tinggal putar tombol, kompor langsung nyala tanpa asap  mengepul memenuhi ruangan.

Begitu juga kalo mau cuci baju tinggal putar tombol, mesin cuci pun bekerja dengan rajin gak perlu ngucek. Apapun keinginan dan pekerjaan, alat sudah menggantikan tangan manusia.

  1. Komputer, laptop, hp pintar. Dulu mesin ketik adalah alat yang canggih. Bisa menulis lebih rapi dan lebih cepat dari pada pena. Apalagi jika pake kertas karbon sekali ketik bisa menulis 5 sd 10 lembar..

bunyinya jrek! jrek!

Pada zaman dahulu kala terasa seperti mesin ajaib…pas koreksi jika ada salah ketik alamak !!! mesti dioles pake type ex, ditiup tiup agar cepat kering baru ditimpa ketikan baru.Sekarang ! mesin ajaib ini masuk gudang, penyebab dari itu semua karena malas pake mesin itu..

lha wong sekarang udah zamannya komputer , laptop dan hp pintar.  Alat alat canggih ini bisa apa saja..bisa ng-edit dengan gampang gak perlu pake type ex, bisa copy paste, bisa kirim surel, internet, poto,  dll. pokoknya hebat, berkas bisa disimpan karena punya memori atawa ingatan,  jika perlu tinggal dicetak langsung jadi, bisa ngitung dengan cepat dan tepat.. sampe-sampe kalo ada anak yang pinter  dijuluki otak komputer, saking hebatnya alat ini.Dan banyak lagi yang lainnya.

  1. Siapa yang gak kenal dengan singkatan nama nama beken ini ; ” AR, Sby, JK, Win, Ht, AQj, HDW “dll.

Karena malas menyebutkan ato menuliskan nama panjangnya  timbullah ide kreatif untuk menyingkat nama nama itu, dan malah jadi tren, semua politisi bahkan artis ikutan punya nama singkatan agar keliatan beken.

Tuh..benarkan apa kata Mister Bill Gate.. Bahwa sisi positif rasa malas membawa  kemajuan bagi umat manusia. Tentu !, makanya Tuhan meng-anugerahkan rasa malas itu  sebagai penyeimbang rasa giat, sama bertemunya sifat gula dan kopi  atau kutub positif  dan negatif pada batere.

Karena fitrah manusia itu menyukai segala hal yang nyaman, mudah, dan seketika. Manusia benci atau malas  dengan segala hal yang berbau kesukaran, ribet dan menunggu. untuk memenuhi itu manusia putar otak  berkreasi menciptakan alat canggih atau terobosan baru yang lebih  simpel dan praktis, karena malas ribet.

Jadi Sob, rasa malas itu baik jika seimbang bukan dominan.

Pemalas tidaklah buruk karena memicu ide ide kreatif. So pasti bukan pemalas bodoh main terabas!

Tentu Pemalas sesuai kriteria Bill Gate si jenius, Pemalas yang jujur dan cerdas  penuh gagasan baru nan cemerlang. (MS)

Tags: ,

Add a Comment

Jasa fotografer viapuccino studio
Viapuccino Studio, Rekomendasi Jasa Fotografi Terpercaya di Pontianak
Ini Dia Rekomendasi Jasa Penulisan Artikel SEO Friendly Murah dan Berkualitas
Artikelajaib.com: Rekomendasi Jasa Penulisan Artikel SEO Friendly Murah dan Berkualitas
Shopback, Tempat Dapatin Voucher Dan Casback Belanja Online
Shopback, Tempat Dapatin Voucher Dan Casback Belanja Online
Review Aplikasi MyJNE
Asyiknya Pakai Aplikasi MyJNE
ASUS Mengundang Fans Indonesia untuk Menciptakan Video Iklan ZenFone 3
ASUS Mengundang Fans Indonesia untuk Menciptakan Video Iklan ZenFone 3
asus-powerbank-ultra
ZenPower Ultra, PowerBank dengan Cadangan Daya Ultra Besar
asus-zenfone-3-max
ASUS ZenFone 3 Max, Telah Hadir di Indonesia
asus-vivobook-flip-tp201
ASUS VivoBook Flip TP201, Semakin Fungsional dengan Ragam Teknologi Baru
ramadhan sale dari lazada indonesia
Belanja Kebutuhan Ramadhan dan Lebaran Terbaru Anda di Lazada
voucher 50rb Hargadunia.com
Hargadunia.com Solusi Tepat Untuk Anda yang Suka Belanja Online dari Luar Negeri
futurenet
Futurenet Indonesia dan Malaysia Siap Menjadi Rumah Baru Bisnis Affiliate
Benda-benda Yang Wajib Kamu Gunakan Agar Tetap Tampil Keren
Benda-benda Yang Wajib Kamu Gunakan Agar Tetap Tampil Keren