Jasa Review Review berkualitas untuk produk Anda agar terkenal.

Cara Mudah Dukung Palang Merah Indonesia (PMI) Dimanapun dan Kapanpun

Dukungan akan sukses ketika kita bersama-sama melakukannya dengan serentak dibarengi dengan rasa iklas. Adapun bentuk dukungan yang saya maksud juga bermacam-macam. Baik itu menjadi seorang sukarelawan ataupun donatur dan tentunya masih banyak lagi bentuk dukungan yang bisa kita salurkan. Jika kita sebagai donatur, tidak peduli berapapun jumlah yang ingin kita sumbangkan. Mulai dari angka seribu hingga ratusan juta bisa kita salurkan untuk kepentingan bagi orang yang membutuhkan. Yang terpenting ialah ketika kita memiliki niat dan rasa iklas kita bisa membantu antar sesama dalam bentuk apapun.

Banyak cara atau tempat yang bisa kita percayai untuk menitipkan dana yang ingin kita sumbangkan, salah satunya ialah kepada Palang Merah Indonesia (PMI). Mungkin sebagian besar masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan sebutannya, tetapi ada juga yang belum mengetahui tentang Palang Merah Indonesia (PMI) ini. Masih banyak diantara kita yang menganggap PMI ini urusannya hanya yang berkaitan dengan donor darah, walaupun sebagian besar memang menangani hal tersebut tetapi masih banyak lagi yang di lakukan oleh PMI yang masih jarang orang ketahui.
Sebelum kita membahas lebih jauh tentang PMI, ada baiknya kita bersama-sama mengenal Palang Merah Indonesia (PMI) dari awal mula berdirinya hingga kini, dan berikut ini adalah sejarah berdirinya Palang Merah Indonesia (PMI) : 

Sejarah Lahirnya Palang Merah Indonesia

  • 21 Oktober 1873
Pemerintah kolonial Belanda mendirikan organisasi Palang Merah di Indonesia dengan nama Het Nederland-Indiche Rode Kruis (NIRK) yang kemudian namannya menjadi Nederlands Rode Kruiz Afdelinbg Indie (NERKAI).
  • 1932 dan 1940
Pada 1932 timbul semangat untuk mendirikan Palang Merah Indonesia (PMI) yang dipelopori oleh dr. RCL. Senduk dan Bahder Djohan. Kemudian, proposal pendirian diajukan pada kongres NERKAI (1940), namun ditolak. Pada saat penjajahan Jepang, proposal itu kembali diajukan, namun tetap ditolak.
  • 3 September 1945
Pada 3 September 1945 Presiden Soekarno memerintahkan kepada Menteri Kesehatan dr. Buntaran Martoatmodjo untuk membentuk suatu Badan Palang Merah Nasional untuk menunjukan kepada dunia internasional bahwa keberadaan Negara Indonesia adalah suatu fakta nyata setelah proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.
  • 5 September 1945
Pada 5 September 1945, dr. buntaran membentuk Panitia Lima yang terdiri dari dr. R. Mochtar, dr. Bahder Johan, dr. Joehana, Dr. Marjuki dan dr. Sitanala, untuk mempersiapkan pembentukan Palang merah di Indonesia.
  • 17 September 1945
Tepat pada tanggal 17 September 1945 terbentuklah Pengurus Besar Palang Merah Indonesia (PMI) dengan ketua pertama, Drs. Mohammad Hatta.
  • 16 Januari 1950
Di dalam satu negara hanya ada satu perhimpunan nasional, maka Pemerintah Belanda membubarkan NERKAI dan menyerahkan asetnya kepada PMI. Pihak NERKAI diwakili oleh dr. B. Van Trich sedangkan dari PMI diwakili oleh dr. Bahder Djohan.
  • 1950 dan 1963
PMI terus melakukan pemberian bantuan hingga akhirnya Pemerintah Republik Indonesia Serikat mengeluarkan Keppres No. 25 tanggal 16 Januari 1950 dan dikuatkan engan Keppres No. 246 tanggal 29 November 1963. Pemerintah Indonesia mengakui keberadaan PMI.
Adapun tugas utama PMI berdasarkan Keppres RIS No. 25 tahun 1950 dan Keppres RI No. 246 tahun 1963 adalah untuk memberikan bantuan pertama pada korban bencana alam dan korban perang sesuai dengan isi Konvensi Jenewa 1949.
  • 1950
Secara Internasional, keberadaan PMI diakui oleh Komite Palang Merah Internasional (ICRC) pada 15 Juni 1950. Setelah itu, PMI diterima menjadi anggota Perhimpunan Nasional ke-68 oleh Liga Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (Liga) yang sekarang disebut Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC) pada Oktober 1950.
  • Saat ini
Saat ini, PMI telah berdiri di 33 Provinsi, 371 Kabupaten/Kota dan 2.654 Kecamatan (data per-Maret 2010). PMI mempunyai hampir 1,5 juta sukarelawan yang siap melakukan pelayanan.
Itulah sejarah berdirinya Palang Merah Indonesia (PMI) yang hingga kini kita kenal. Jadi, bukan hanya untuk urusan darah saja tentunya, tetapi banyak sekali hal yang dilakukan oleh Palang Merah Inondesia (PMI) ini. diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Bantuan Dapur Umum di lapangan saat terjadi bencana
  • Pelayanan kesehatan, pelayanan ambulans
  • Pelayanan dukungan psikososial bagi korban terdampak bencana
  • Pelayanan pemulihan hubungan keluarga
  • Pembinaan generasi muda dan relawan, pengolahan air bersih, dan sosialisasi atau diseminasi kepalangmerahan.

Dari begitu banyak kegiatan yang telah Palang Merah Indonesia (PMI) lakukan apakah Anda sudah terlibat di dalamnya ??? Tidak harus menjadi sukarelawan dulu jika ingin membantu suksesnya kegiatan yang dilakukan oleh PMI, tetapi ada cara lain yang bisa Anda lakukan. Salah satunya ialah menjadi donatur, bertepatan dengan Bulan Dana PMI 2015/2016 yang diadakan kali ini, saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama melakukan donasi kepada pihak Palang Merah Indonesia (PMI)

Donasi ke Palang Merah Indonesia (PMI) dengan no rekening sebagai berikut:
  • Bank BCA Kantor Cabang Utama Thamrin Nomo Rekening : 206-38-1794-5 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.
  • Bank MANDIRI Kantor Cabang Kramat Raya Nomor Rekening : 123-00-17091945 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.
  • Bank DKI Kantor Cabang Utama Juanda Nomor Rekening : 101-03-17094-7 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jkarta.

Cara Mudah Tranfer Ke Salah Satu Rekening PMI

Yang harus Anda lakukan jika ingin menyumbangkan dananya caranya sangat mudah, disini saya akan menuntun Anda langkah demi langkah yang harus dilakukan jika ingin menjadi donatur. Ada tiga pilihan bank tujuan seperti yang saya sebutkan diatas. Kita dapat memilih salah satu nomor rekening tujuan tersebut. bila sudah mari ikuti langka selanjutnya sebagai berikut:

  1. Datang ke bank terdekat yang ada di kota Anda
  2. Anda dapat mengirim sejumlah uang dengan jumlah yang anda kehendaki (tidak ada paksaan) melalui ATM, Internet Banking ataupun Setor Tunai.
  3. Lakukan pengiriman uang sesuai prosedur masing-masing bank yang Anda percayai.
  4. Tunggu hingga proses selesasai.
  5. Selamat Anda sudahberpartisipasi pada pogram-pogram Palang Merah Indonesia (PMI)

Ayo peduli bantu sesama !!! Saya yakin kita sebagai masarakat Indonesia bisa bersama-sama mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Palang Merah Indonesia (PMI). Dimanapun dan Kapanpun, mulai dari menjadi sukarelawan hingga donatur, marilah kita bersama-sama menjadi bagian dari suksesnya kegiatan yang dilakukan oleh Palang Merah Indonesia. Dalam bentuk tenaga ataupun dengan sejumlah nominal rupiah berapapun yang Anda berikan tentu sangat berarti besar bagi mereka yang membutuhkannya. Sebarkan pula informasi menarik ini untuk sahabat, teman, keluarga serta kolega terdekat Anda. (PO)


Sumber Referensi :
http://citizen6.liputan6.com/read/2356908/yuk-ikut-lomba-blog-bulan-dana-pmi-berhadiah-total-rp-15-juta
http://pmidkijakarta.or.id/
http://www.pmi.or.id/index.php/tentang-kami/sejarah-pmi.html

 

3 Comments

Leave a Reply