Merakit dan Mengoleksi Gunpla Sekarang Menjadi Hobiku

Sudah lama sebenarnya saya ingin mempunyai salah satu dari Action Figure dari karakter Gundam ini. Tetapi karena dulu saya belum tau dimana membeli dan cara merakitnya, saya urungkan niat ini dan hingga bertahun-tahun lama nya barulah saya bisa mengoleksinya. Dan di bawah ini beberapa foto koleksi milik saya yang saya ambil dengan kamera smartphone
Merakit dan Mengoleksi Gunpla Sekarang Menjadi Hobiku
Koleksi Gundam ARF dan ABF
Koleksi Gundam saya, Freedom Gundam
Koleksi Gundam saya, Freedom Gundam
Harga yang cukup mahal juga menjadi alasan saya untuk mengoleksi Action Figur ini. Tetapi nama juga sudah senang dengan sesuatu harga biasanya bukan menjadi masalah. Tapi bagi saya tetap masalah. Membeli sebuah Gunpla (Gundam Plastik) yang dalam keadaan belum di rakit itu memerlukan biaya yang cukup menguras kantong mahasiswa seperti saya ini. Alhamdulilahnya kemarin saya sempat mendapatkan rejeki dari beberapa lomba dan saya sisihkan untuk membeli mainan ini.
Pengalaman pertama saya dalam merakit Gunpla ini cukup membingunkan, karena butuh ketelitian dan kesabaran yang ekstra hingga gunpla ini bisa berdiri tegak dan bergaya layaknya dalam film kartunnya. Nah dari hal positif yang bisa kita ambil disini adalah untuk melatih emosi kita dalam bertindak dan melakukan sesuatu harus dengan sabar.
Dari pengalaman itu saya ingin berbagai tips dan trik nih kepada teman-teman yang baru ingin merakit gundam plastik ini, biar tidak kebingunan seperti saya, disini akan saya jelaskan istilah-istilah nya terlebih dulu dan cara merakitnya secara singkat yang sudah saya ketahui. Yuk langsung aja saya bahas.

Istilah-istilah yang ada di dalam Action Figur Gundam

Ada beberapa istilah yang terdapat pada Gunpla di antaranya adalah:
  • SD Gundam (Super Deform)
SD Gundam (Super Deform)
Super Deform Gundam
ukuran yang kecil dan mudah di rakit adalah jenis gundam ini teman. Biarpun kecil dia tetap memiliki artikulasi yang gak kalah dengan ukuran di atasnya. Harganya juga cukup murah di bading ukuran besarnya. Harga yang di bandrol berkisar 70ribu hingga 200ribu saja tergantung model.
  • HG Gundam (High Grade 1/144)
HG Gundam (High Grade 1/144)
High Grade Gundam
Gundam jenis ini memiliki tinggi yang cukup mungil dan pada dasarnya pemula merakitnya tidak membutuhkan kesulitan jika di pandu dengan buku petunjuknya. Tetapi untuk detail dari High Greade ini sudah lumayan jika di linning dengan baik. Harga yang di bandrol mulai dari 100ribu hingga 500ribuan.
  • RG Gundam (Real Grade 1/144)
RG Gundam (Real Grade 1/144)
Real Grade Gundam
Untuk Real Grade tingkat kedetailan nya sudah lebih dari HG, tetapi scalanya sama. Dengan model jenis ini kita akan di sajikan dengan kedetailan yang lebih menawan dan sangat jelas sekali. Untuk harga sekitar 280ribu sampat 700ribu.
  • MG Gundam (Master Grade 1/100)
MG Gundam (Master Grade 1/100)
Master Grade Gundam
Nah kalau Master Grade ini sekalanya sudah berbanding 1/100 dan jauh lebih besar ketimbang 3 yang sudah saya sebutkan di atas tadi. Saya paling suka mengoleksi yang ini karena saya merasa ini ukuran yang pas di taruh di atas meja tempat kita bekerja. Harga nya cukup menguras kantong mahasiswa dan untuk harga yang paling murah saja sudah di atas 400ribu dan tertingginya bisa jutaan.
  • PG Gundam ( Perfect Grade 1/60)
PG Gundam ( Perfect Grade 1/60)
Ukuran yang paling besar ya ini kawan-kawan. Detail yang jelas dan tampak lebih elegan memang menyatu dengan gunpla model ini. Skala yang di miliki 1/60 dan artinya itu tinggi dan besar sekali. Harga yang di patok untuk 1 buah Gunpla nya saja bisa mencapat 1juta hingga 5jutaan.
Nah itulah beberapa yang sudah saya jelaskan biar teman-teman bisa sedikit paham. Untuk merakitnya kamu bisa melihat langsung buku manual yang ada di dalam kotaknya ya. Ambil sisi positifnya dalam mengoleksi sebuah Action Figure apapun karakternya. Karena setiap orang memiliki pendapat, pemikiran dan alasan tersendiri dalam mengoleksinya. Saya harap pengalaman cerita ini bisa memberi manfaat dan berguna untuk kita semua.

One Response

Add a Comment

Jasa fotografer viapuccino studio
Viapuccino Studio, Rekomendasi Jasa Fotografi Terpercaya di Pontianak
Ini Dia Rekomendasi Jasa Penulisan Artikel SEO Friendly Murah dan Berkualitas
Artikelajaib.com: Rekomendasi Jasa Penulisan Artikel SEO Friendly Murah dan Berkualitas
Shopback, Tempat Dapatin Voucher Dan Casback Belanja Online
Shopback, Tempat Dapatin Voucher Dan Casback Belanja Online
Review Aplikasi MyJNE
Asyiknya Pakai Aplikasi MyJNE
ASUS Mengundang Fans Indonesia untuk Menciptakan Video Iklan ZenFone 3
ASUS Mengundang Fans Indonesia untuk Menciptakan Video Iklan ZenFone 3
ZenPower Ultra, PowerBank dengan Cadangan Daya Ultra Besar
ASUS ZenFone 3 Max, Telah Hadir di Indonesia
ASUS VivoBook Flip TP201, Semakin Fungsional dengan Ragam Teknologi Baru
ramadhan sale dari lazada indonesia
Belanja Kebutuhan Ramadhan dan Lebaran Terbaru Anda di Lazada
voucher 50rb Hargadunia.com
Hargadunia.com Solusi Tepat Untuk Anda yang Suka Belanja Online dari Luar Negeri
futurenet
Futurenet Indonesia dan Malaysia Siap Menjadi Rumah Baru Bisnis Affiliate
Benda-benda Yang Wajib Kamu Gunakan Agar Tetap Tampil Keren
Benda-benda Yang Wajib Kamu Gunakan Agar Tetap Tampil Keren