Info Menarik

KTA Syariah dan KTA Konvensional

Semenjak kehadiran bank berprinsip syariah, produk investasi yang ada di masyarakat pun turut menjadi produk syariah. Mereka menawarkan tabungan syariah, giro syariah, deposito syariah dan pinjaman syariah. Termasuk salah satu produk investasi yang mengikuti perkembangan adalah kredit tanpa agunan bersyariah. Seperti yang sudah diketahui khalayak umum bahwa semua produk bank syariah menggunakan sistem kemitraan dan tentu sangat kontras dengan sistem konvensional yang selama ini dikenal. Kemitraan yang melekat pada KTA syariah terwujud dalam bentuk bagi hasil. KTA bank syariah lebih dikenal menggunakan nama produk pembiayaan.
KTA Syariah dan KTA Konvensional
KTA syariah, seperti apa?Bank syariah memang tidak menyebut sistem ini sebagai KTA, melainkan produk pembiayaan. Tujuan pembiayaan ini dapat digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Hanya saja calon debitur biasanya diminta untuk menjelaskan kegunaan dana, berbeda dengan KTA konvensional. Beberapa bank syariah bahkan bersikap sangat hati-hati dengan menawarkan produk pembiayaan ini secara spesifik. Misalnya khusus untuk pembukaan usaha mikro dan pergi umroh. Bank syariah lainnya adapula yang membagi pembiayaan tersebut menjadi dua, yaitu pembiayaan multiguna dan pembiayaan multijasa. Maksud dari kedua pembiayaan ini adalah:

  • Multiguna merupakan jenis pembiayaan untuk memperoleh barang, misalnya membiayai kredit motor, mobil, barang elektronik, bangunan maupun logam mulia
  • Multijasa merupakan jenis pembiayaan untuk memperoleh manfaat/jasa. Contohnya membiayai pergi haji dan umroh, membiayai pendidikan dan kesehatan
KTA Syariah dan KTA KonvensionalPlafond yang diberikan di produk pembiayaan syariah beraneka macam. Nominal peminjaman mulai dari Rp 5.000.000 hingga Rp 200 juta. Begitu juga dengan jangka waktu yang diambil mulai dari 12 bulan hingga 48 bulan. Persyaratan yang diminta setiap bank berbeda-beda. Misalnya ada sistem yang mengharuskan bank menjual barang ke nasabah sebesar harga pokok dan ditambah margin keuntungan bank yang sudah disepakati. Meskipun tanpa agunan, ada beberapa bank yang memiliki peraturan khusus dalam mendapatkannya. Misalnya pembiayaan tanpa jaminan bisa diperoleh jika calon debitur mengajukan di bawah Rp 30 juta dan tenor di bawah 3 tahun. Lebih dari itu, maka bank meminta jaminan berupa barang (mobil, rumah atau logam mulia).

Berbeda dengan bank syariah, bank konvensional menerapkan bunga yang tinggi kepada debitur sebagai imbalan atau keuntungannya. Biasanya bunga yang dibebankan berada di kisaran 12% sampai 19% per tahun. Selain itu, bunga tetap berjalan beberapa bulan di awal dan selanjutnya akan mengalami fluktuasi.Contohnya adalah produk KTA BCA. Plafond yang diberikan bisa mencapai Rp 100 juta dengan tenor maksimal 3 tahun.Kredit ini dapat diajukan oleh siapapun, baik karyawan pemakai payroll BCA maupun wiraswasta dan professional, asalkan telah menjadi nasabah BCA atau mempunyai kartu kredit BCA. Proses pencairan dana memakan waktu hingga 14 hari kerja, tidak termasuk di hari Sabtu, Minggu dan hari besar nasional. Persyaratan umum dalam mengajukan kredit ini adalah sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia atau seorang pemegang KITAS
  • Usia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun
  • Penghasilan per tahun minimal Rp 30.000.000
  • Bagi karyawan telah memiliki masa kerja selama 2 tahun
  • Bagi pemegang kartu kredit BCA, setidaknya telah menggunakan selama 1 tahun dengan catatan pembayaran lancar
Pilihan pengajuan kredit tanpa agunan ada pada pribadi masing-masing. Mau mengambil jalur syariah atau konvensional. Kedua sistem ini memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Sebaiknya carilah informasi selengkap mungkin sebelum mengajukan kepada bank. Disarankan apabila kebutuhan tidak begitu mendesak, hindari pengajuan kredit ini.

The author: Priangga Otviapta

Bukan blogger pemula, tetapi juga bukan blogger mastah. Hanya seorang blogger Pontianak yang senang berbagi cerita pribadi di dunia maya. Selain itu saya juga suka melakukan review suatu produk. http://www.priangga.web.id/jasa-review-berkualitas Kerjasama email ke: priangga9903@gmail.com

4 Comments

  • Assalaamu'alaikum wr.wb mas Priangga… alhamdulillah, sekurangnya bank syariah membuat kita tidak terlibat dengan riba apabila berurusan dengan jasa bank tersebut. Di Malaysia, sudah banyak bank konvensional menyediakan perkhidmatan bank syariah sebagai satu produk yang diberi kepada penyimpan muslim. Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak.

  • Moshi Moshi,
    Hal ini untuk memberitahukan kepada masyarakat umum bahwa Mr, Larry coklat pemberi pinjaman kredit pribadi memiliki membuka peluang keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman dengan bunga 2% untuk individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan mudah dipahami. hubungi kami hari ini melalui e-mail di: larrybrowninvestment@gmail.com

Leave a Reply