Apa Artinya Sempurna Kalau Tidak Berguna…? Sesungguhnya Dunia Milik Kita Semua !

Berbicara masalah sempurna hakikatnya adalah milik Allah semata. Tidak ada satupun di dunia ini manusia yang memiliki kesempurnaan, baik dari sisi jiwa maupun raga. Tetapi sesungguhnya manusia itu ciptaan Tuhan yang paling sempurna diantara mahluk ciptaan Tuhan lainnya. Jadi walaupun secara fisik manusia ada yang dilahirkan dalam kondisi kurang sempurna, kita harus bisa eksis dalam kesempurnaan sebagaimana kita ditakdirkan sebagai mahluk yang paling sempurna.
Berbicara mengenai “takdir” kita sebagai manusia tidak mempunyai pilihan, kecuali menerima dan bersyukur atas apa yang diberikan oleh Tuhan yang Maha Kuasa. Berbeda lagi dengan “nasib”, walaupun diantara kita ada yang terlahir memiliki kekurangan tetapi kita bisa memperbaikinya apabila kita bersungguh-sungguh dan ikhlas dalam berupaya menuju kesempurnaan yang lebih baik.
Masalahnya tidak jarang mereka yang memiliki kekurangan masih enggan berbaur dengan masyarakat dilingkungan nya. Sebenarnya sikap inilah yang harus kita rubah agar menjadi sebuah harmonisasi kehidupan.

Apa Artinya Sempurna Kalau Tidak Berguna…?

Coba anda jawab sendiri di dalam hati kecil  dari kalimat diatas, apakah anda merasa sempurna dan berguna bagi orang lain selama menjalani hidup hingga saat ini ? Saya sendiri jika ditanya seperti ini bingung harus bilang apa, apakah Anda juga merasakan apa yang saya rasakan ketika membaca kalimat pertanyaan diatas. Jika “Ya” mari coba kita lihat dari sisi mereka orang-orang yang kurang sempurna dari fisik (difabel) tetapi berguna bagi orang lain dan lingkungannya. Kita semua sepakat bahwa hidup yang sesungguhnya adalah apabila kita berguna bagi orang lain, dan dibawah ini beberapa cerita mereka yang memiliki keterbatasan fisik tetapi mampu eksis dan berguna dibidang nya:
1. Habibie Afsyah, Pembisnis Online Yang Sukses
Habibie Afsyah
Siapa yang tidak tahu beliau, semua para internet marketing tentu tahu tentang sosok seorang Habibie Afsyah. Dia adalah salah satu orang yang bisa memanfaatkan kekurangannya sebagai kelebihannya di dunia teknologi informasi. Dibalik sosok nya yang lugu yang hanya bisa duduk di kursi roda dari info yang saya dapatkan dia bisa menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya dengan hanya memanfaatkan komputer untuk berjualan online dan bisnis internet lainnya.

2. Angkie Yudistia, Tunarungu yang Berprestasi

Angkie Yudistia

 

Walaupun dia penyandang tunarungu sejak usianya masih belia, tetapi dia memiliki semangat dalam menembus keterbatasannya. Banyak prestasi yang raih olehnya di bidang pendidikan dan di usianya yang masih 25 tahun waktu itu , Angkie sudah menjadi Founder dan CEO (chief executive officer) Thisable Enterprise. Perusahaan ini didirikan bersama rekannya yang berfokus pada misi sosial, khususnya dalam membantu orang yang memiliki keterbatasan fisik. Pekerjaan yang mulia dan bermanfaat ini sungguh memberikan banyak nilai positif dan banyak orang ingin bergabung dengannya.

3. Ni Nengah Widiasih, Ukir Prestasi di Angkat Berat

Ni Nengah Widiasih
Salah satu seorang putri Indonesia ini yang merupakan atlet difabel berhasil meraih mendali perunggu dan  menjadi juara ketiga dunia di kelas 41 kilogram putri dalam kejuaraan Mengawali hari pertama The International Paralympic Committee (IPC) Powerlifting World Championships pada tanggal 5 April 2014 yang berlangsung di Dubai. Sebuah prestasi yang membanggakan yang membuat Indonesia bangga terhadapnya.

4. Khairani Barokka, Seniman Difabel Indonesia yang tampil di Festival Edinburgh

Khairani Barokka

Festival Edinburgh yang merupakan festival terbesar di dunia sosok Khairani Barokka berhasil mengukir prestasi dimana dia bisa tampil disana dan mempertunjukkan karya melalui puisi dan pertunjukan seni yang membuat banyak orang mengagumi karyanya.

 

Sesungguhnya Dunia Milik Kita Semua !

Kalimat inilah yang bisa terucap setelah kita melihat beberapa contoh yang sudah saya sebutkan diatas, sebagaimana firman Allah dalam Al-Quran pada surah al-Baqarah ayat 30.
وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَٰٓئِكَةِ إِنِّى جَاعِلٌ فِى
Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi”.
 
Bahwa sesungguhnya manusia diciptakan di muka bumi ini agar bisa hidup saling menghargai dan memberi manfaat, tanpa melihat perbedaan suku, ras, bangsa, agama, dan termasuk juga kepada kesempurnaan fisik manusia.
Dengan mengembangkan lingkungan yang saling terbuka serta pendekatan yang membangun (inklusi) mengajak masuk dan mengikutsertakan semua orang termasuk difabel dengan berbagai perbedaan dari latar belakang, karakteristik, kondisi, etnik, kemampuan dan lainnya agar berbaur, terbuka dan aktif berperan serta. Terbuka dalam konsep lingkungan yang inklusi, berarti semua orang yang tinggal, berada dan beraktivitas di suatu lingkungan, sekolah ataupun masyarakat bisa merasa nyaman dan aman dalam mendapatkan hak dan melaksanakan kewajibannya.
Jadi, lingkungan yang inklusi adalah lingkungan sosial dimana masyarakat yang ramah, terbuka, meniadakan perbedan dan menyenangkan. karena setiap masyarakat tanpa terkecuali termasuk juga kaum difabel dapat saling menghargai dan merangkul perbedaan serta memberikan manfaat.
Dengan suasana yang inklusif ini dapat membawa perubahan sederhana dan praktis dalam kehidupan bermasyarakat, sebagaimana kaum difabel juga ingin tinggal dalam lingkungan masyarakat yang memberikan rasa nyaman dan aman, yang memberikan peluang bagi mereka berkebutuhan kusus agar dapat berkembang sesuai minat dan bakatnya dalam mengupayakan kemudahan untuk melaksanakan kewajiban dan mendapatkan hak mereka seperti orang pada umumnya.

 

Kesimpulan

Jadi upaya temu inklusi adalah mutlak adanya apabila kita peduli terhadap sesama. Sesungguhnya Tuhan menciptakan manusia mempunyai tujuan yaitu sebagai khalifah di muka bumi. Dan menuju peran sebagai khalifah tidak lepas dari rintangan, tantangan dan cobaan. Jadi setiap manusia di tuntut agar memelihara semangat, kesabaran, kreatifitas, kebersamaan, rasa syukur, istiqomah dalam usaha agar bisa menjadi mahluk tuhan yang berguna dan bernilai di mata manusia dan di mata Tuhan. (PO)




Sumber referensi dan foto:
http://news.detik.com/read/2013/01/14/150816/2141579/608/habibie-afsyah-bergelut-dengan-kelumpuhan-genetik-jadi-pakar-internet-marketer
http://biografi-pengusaha.blogspot.com/2014/10/biodata-angkie-yudistia-penulis-buku.html
http://foto.ureport.news.viva.co.id/read/7737-atlet-paralympic-indonesia-siap-berjuang-di-london/89411
http://www.khairanibarokka.com/
http://alquranalhadi.com/index.php/kajian/tema/2372/manusia-dijadikan-khalifah-di-atas-muka-bumi

12 Comments

Add a Comment

Jasa fotografer viapuccino studio
Viapuccino Studio, Rekomendasi Jasa Fotografi Terpercaya di Pontianak
Ini Dia Rekomendasi Jasa Penulisan Artikel SEO Friendly Murah dan Berkualitas
Artikelajaib.com: Rekomendasi Jasa Penulisan Artikel SEO Friendly Murah dan Berkualitas
Shopback, Tempat Dapatin Voucher Dan Casback Belanja Online
Shopback, Tempat Dapatin Voucher Dan Casback Belanja Online
Review Aplikasi MyJNE
Asyiknya Pakai Aplikasi MyJNE
ASUS Mengundang Fans Indonesia untuk Menciptakan Video Iklan ZenFone 3
ASUS Mengundang Fans Indonesia untuk Menciptakan Video Iklan ZenFone 3
ZenPower Ultra, PowerBank dengan Cadangan Daya Ultra Besar
ASUS ZenFone 3 Max, Telah Hadir di Indonesia
ASUS VivoBook Flip TP201, Semakin Fungsional dengan Ragam Teknologi Baru
ramadhan sale dari lazada indonesia
Belanja Kebutuhan Ramadhan dan Lebaran Terbaru Anda di Lazada
voucher 50rb Hargadunia.com
Hargadunia.com Solusi Tepat Untuk Anda yang Suka Belanja Online dari Luar Negeri
futurenet
Futurenet Indonesia dan Malaysia Siap Menjadi Rumah Baru Bisnis Affiliate
Benda-benda Yang Wajib Kamu Gunakan Agar Tetap Tampil Keren
Benda-benda Yang Wajib Kamu Gunakan Agar Tetap Tampil Keren