Sejahtera Dengan Air

Sejahtera Dengan Air

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +
Sejahtera Dengan Air. Air adalah senyawa yang sangat penting untuk semua makhluk hidup yang tinggal di dunia. Di permukaan bumi air lebih banyak daripada luas daratannya. Air sebagian besar banyak terdapat di lautan dan pada lapisan-lapisan es yang berada di kutub, tetapi air juga dapat hadir sebagai awan, hujan, sungai, danau, uap air. Air dalam obyek-obyek tersebut bergerak mengikuti sesuai siklus air, yaitu melalui penguapan, hujan, dan aliran air di atas permukaan tanah. Air yang bersih sangat penting bagi kehidupan manusia, karena kita dapat hidup sejahtera dengan air.
Indonesia merupakan salah satu negara yang luas perairannya lebih besar daripada daratanya. Hal ini bisa kita lihat baik itu dari sekilas pandangan mata di peta ataupun dengan data yang spesifik. Dengan banyaknya air yang ada di Indoneisa kita sebagai warga yang baik seharusnya bisa bersama-sama memanfaatkan air untuk hal yang mensejahterakan di berbagai bidang, mulai dari pertanian, pertenerakan, industri, rumah tangga dan lain sebagainya. Tetapi tidak bisa kita pungkiri, faktanya terkadang masih ada saja segelintir orang yang tidak sadar akan penting nya air dan menyia-nyiakan serta mengotori hinnga membuatnya tercemar. Hal ini sebenarnya banyak menimbulkan masalah yang berkepanjangan untuk masa depan air serta berdampak pula untuk anak cucu kita nantinya. Maka daripada itu saya selaku pemilik blog ini ingin berpartisipasi dalam menyebarluaskan informasi mengenai implementasi sosialisasi UU No.7 Tahun 2004 tentang sumber daya air kepada seluruh lapisan masyarakat sekaligus memperingati 1 dasawarsa undang-undang nomor 7 tahun 2004 tersebut yang diadakan oleh Ditjen SDA Kemen PU.
Air juga merupakan salah satu kebutuhan pokok sehari-hari manusia, jika tidak ada air kita akan mati. Bukan hanya kita sebagai manusia, air juga merupakan bagian dari kehidupan untuk mahluk hidup lainya, seperti hewan dan tumbuhan mereka juga memerlukan peranan air agar tetap bisa hidup. Tanpa adanya air kehidupan di dunia mungkin tidak ada karena pada dasarnya air bermanfaat untuk hidup. Manusia mungkin dapat hidup tanpa air untuk beberapa hari, tetapi perlu kita ketahui bersama bahwa tubuh kita sebagian besar zat pembentuknya 73% adalah air. Jadi bisa kita bayangkan bila kita tidak minum air, hal buruk pasti akan menghampiri kita. Jadi tidak bisa kita pungkiri bahwa air membuat kehidupan di dunia ini terus berlangsung karena ketersedian air.

Manfaat Yang Diperoleh Masyarakat Terhadap Air (Sejahtera Dengan Air)

Selain vidio di atas yang saya ambil dari youtube melalui akun resmi Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum berikut adalah beberapa contoh manfaat yang diperoleh masyarakat terhadap air sebagai kebutuhan dalam berbagai macam kegiatan, antara lain digunakan untuk keperluan:

  • Umum
Misalnya untuk kebersihan jalan dan pasar, pengangkutan air limbah, hiasan kota, tempat rekreasi dan lain-lainnya.

  • Rumah Tangga
Misalnya untuk minum, masak, mandi, cuci dan pekerjaan lainnya.
  • Industri
Misalnya untuk pabrik dan bangunan pembangkit tenaga listrik.
  • Pertanian dan Peternakan
Misalnya untuk keperluan mengairi sawah atau menyiram tanaman, sedangkan untuk perternakan adalah untuk kebutuhan air minum untuk hewan peliharan.
  • Perdagangan
Misalnya untuk keperluan air di hotel, rumah makan dan lain-lainya.
Dari empat poin yang sudah saya sebutkan diatas sebenarnya masih banyak lagi manfaaf yang bisa di peroleh, Jadi intinya disini air yang merupakan sumber kehidupan banyak berperan dan berfungsi bagi makluk hidup jadi perlu kita ketahui bersama bahwa sebagai manusia kita harus selalu melestarikan dan menjaga air dengan melakukan pemanfaatan air yang benar, contoh kecil kita bisa menghemat air, tidak membuang sampah di sungai yang dapat mencemari air sehingga mengganggu ekosistem yang ada di dalamya.
Untuk mengatasi dari pencemaran air yang sekarang sudah tercemar sebenarnya kita harus sama-sama bergerak dan peduli. Aksi nyata dari kepedulian itu harus kita lakukan bersama, jangan hanya berkomentar dan memprotes serta menyalahkan pihak-pihak yang terkait, tetapi sama-sama memberikan kepedulian dengan cara yang unik tetapi menimbulkan efek yang bermanfaat. Baru-baru ini hal yang menarik adalah aksi nyata di Kota Pontianak, kegiatan ini membuat masyarakat antusias akan kepedulian terhadap air. Hal ini pula yang membuat saya bangga sebagai mahasiswa yang sedang berkuliah di kota ini dan mewajibkan diri saya untuk ikut dalam melakukan hal tersebut.

Kepedulian Warga Kota Pontianak Agar Sejahtera Dengan Air

sejahtera dengan air
Sejahtera Dengan Air
Aksi nyata ini diberi nama Gerakan Senyum Kapuas, ini merupakan bentuk kepedulian komunitas yang ada di Pontinak untuk Sungai Kapuas.
Acara ini berlangsung pada tanggal 25-26 Oktober 2014, berbagai macam komunitas akan berkumpul melakukan aksi sosial bersama-sama. Target gerakan ini akan melakukan pembersihan di sepanjang Sungai Kapuas secara serentak. Bermula dari rasa keperihatinan terhadap kondisi air di Sungai Kapuas yang semakin kotor dan tercemar, beliau Beny Thanheri menjadi tokoh penting dibalik tercetusnya Gerakan Senyum Kapuas.
Alhamdulilah sejak dicetuskannya kurang lebih hanya memerlukan waktu satu bulan banyak dari komunitas, instansi, pihak swasta bahkan masyarakat ikut bersama-sama memberikan dukunganya. Ini merupakan kepedulian dan antusias yang memberikan banyak manfaat dan  saya berharap akan menjadi contoh positif bagi warga Indoneisa yang lain sekaligus menciptakan efek atau dampak tertentu.

Baca juga:  Dimana Lokasi Hotel Hilton Bandung?
Sejahtera Dengan Air
Sejahtera Dengan Air

 

Dengan kegiatan seperti ini tentu saja kita dapat sekaligus ikut serta dalam bagian kampanye Implementasi Sosialisasi UU No.7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum. Adapun komunitas yang menunjukkan kepedulian terhadap air pada acara tersebut antara lain adalah:
1. Komunitas Magician Kalbar
2. Komunitas Nekuhachi
3. Komunitas Darah Segar Ptk
4. IndonRunners Ptk
5. Sedekah Khatulistiwa
6. BM Penegak Amanah Nasional
7. Yayasan Assabul Yamin
8. Bank Ekonomi
9. UKM PLH Hiber Untan
10. Oksigen Khatulistiwa
11. Komunitas Jirushi
12. Cosplay Ground
13. SKIn ( Suzuki Katana Jimny Indonesia ).
14. Kaskus Regional Kalbar
15. Badan Penanggulangan Bencana Daerah
16. Komunitas Wisata Kuliner
17. Komunitas Pontianak Entrepreneur
18. Pemancing udang Kalbar & Pemerhati Lingkungan DAS
19. Raja Udang Fishing Club
20. Gerakan Pramuka Vidya Dharma
21. LPS Air
22. HIMMI AMIK BSI
23. Public Virtue Institute
24. Perkumpulan Sahabat Masyarakat Pantai ( SAMPAN ) Kalimantan.
25. Borneo Skycam
26. Collegar Radio
27. Creative Robotic School
28. Dokter ide enterprise
29. Pontianak Informasi Community
30. Paguyuban Alumni CEFE
31. Tribun Pontianak
32. Mustang
33. Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kota Ptk
34. PMI Kota Ptk
35. Pemuda Theravada Indonesia DPD Kalbar.
36. RRI Pontianak
37. POLRESTA Pontianak
38. Satpol PP Kota Pontianak
39. Bintang Muda Club Ptk
40. Pemadam Kebakaran PESAT Pontianak Timur
41. RAPI Wilayah Pontianak
42. Basarnas
43. PEMKOT Pontianak & Instansi2 serta jajarannya
44. Koran Suara Pemred
45. Prodi PWK(Perencanan Wilayah dan Kota) Fakultas Tehnik Untan,
46. Rujak Center
47. Ford Foundation,
48. CAWAN
49. Radio Volare
50. Polnep
51. Koran Pontianak Post
52. TNI ( KODIM 1207 ) Kota Pontianak
53. Komunitas Motor Byonic Pontianak
54. Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Polnep
55. OSPALTI SMTI Pontianak
56. Pramuka ( Kwarcab Kota Pontianak )
57. Sispala SMA 1 Pontianak a
58. King Rattle Club Pontianak
59. Komunitas Ruang Kreatif
60. Racana Pramuka Untan
61. Sahabat Noah Pontianak
62. Komunitas Blogger Pontianak
63. Bavarian West Borneo
64. Ksr Pmi Untan
65. MENWA Untan
66. BEM Untan
67. Mujahidin Pecinta Alam
68. Gudep MA Syarif Hidayatullah
69. OutSIDers & lady rose pontianak
70. KONDA ( Komunitas Dunia Air )
71. TVRI Kalbar
Foto Dukungan Kepedulian Gerakan Senyum Kapuas dari Komunitas Film Anime Pontianak
Foto Dukungan Kepedulian Gerakan Senyum Kapuas dari Komunitas Film Anime Pontianak
Ada sekitar 71 komunitas per tanggal 17 Oktober 2014 yang tercatat dan kemungkinan besar akan terus bertambah hingga acara puncak dimulai. Sejahtera dengan air, itulah yang kita harapkan bersama dari hal-hal positif dari aksi tersebut. Kalau tidak dimulai dari sekarang kapan lagi, mulailah dari hal yang kecil dan menyampaikan kepada publik ide kita, jika positif maka akan mendapat banyak respon dan dukungan dari berbagai elemen masyarkat, seperti kegiatan Gerakan Senyum Kapuas.Setelah kita bisa peduli tentu saja kita semua sebagai masyarakat nanti akan mendapatkan banyak keuntungan, mulai dari terlihatnya sungai yang indah dari sampah, tidak tercemar dan juga mencegah banjir. Ada juga potensi yang bisa kita manfaatkan dari sumber daya air.

Baca juga:  Daftar Harga Kamar Hotel Hilton di Bandung Terbaru 2016

Potensi Sumber Daya Air Bagi Masyarakat

Ada banyak sekali potensi sumber daya air bagi masyarakat. Dengan bertambahnya penduduk dan semakin pesatnya perkembangan industri kebutuhan akan air pasti juga akan meningkat. berikut adalah pandangan saya sebagai pemilik blog www.priangga.web.id tentang potensi sumber daya air bagi masyarakat antara lain:

  • Sumber Air Mineral
Sejahtera Dengan Air
Air Mineral
Air mineral merupakan air yang bersumber dari mata air murni yang berada di alam. Potensi ini dapat kita jadikan usaha dalam jangka panjang. Banyak saya lihat para masyarakat memeanfaatkan potensi sumber daya air ini untuk usaha rumahan di sekitar perumahan atau komplek.
  • Sebagai Tempat Usaha
Sejahtera Dengan Air
Usaha Budi Daya Ikan Air Tawar
Pemandangan menarik jika kamu pernah ke daerah Anjungan yang jarak tempuhnya sekitar tiga jam dari Kota Pontianak. Disana yang saya lihat dari masyarakat yang salah satunya juga keluarga saya, memanfaatkan air sebagai media budidaya ikan air tawar. Potensi ini sangat banyak sekali peminatnya dan akan terus berkembang karena kebutuhan permintaan pasar terhadap jenis ikan yang bermacam, air sangat berperan penting di usaha ini.
  • Mini Hidro
Sejahtera Dengan Air
Mini Hidro
Ini merupakan potensi sumber daya air yang menghasilkan energi listrik. Masih sangat jarang terlihat jika di daerah Kalimantan Barat, tetapi ini patut kita contoh untuk dapat menghemat dan memanfaatkan air sebagai media pembangkit listrik tenaga air.
  • Irigasi Sawah
Sejahtera Dengan Air
Irigasi Sawah
Irigasi merupakan sumber daya air yang sering kita temukan di pedesaan, masyarakat banyak memanfaatkan fungsi irigasi ini untuk memenuhi  kebutuhan air bagi tanaman mereka. Biasa saya melihat di kampung tempat saya tinggal masyarakat banyak digunakan untuk tanaman padi.
  • Kolam Renang atau Wisata Air (Water Park)
Sejahtera Dengan Air
Kolam Renang / Wisataair (Water Park)
Kolam renang dan water park yang memiliki air yang bersih, banyak menimbulkan manfaat bagi para pengunjung. Selain membuat betah dan senang, kita juga bisa melepas lelah bermain bersama keluarga. Ini sumber daya air yang biasa saya manfaatkan ketika liburan kuliah datang.
  • Prasarana Tranportasi Bahkan MCK (Mandi, Cuci dan Kakus)

 

Sejahtera Dengan Air
Prasarana Penyeberangan Sungai Kapuas

Jika kamu pernah ke Pontianak dan ingin menuju ke Tugu Khatulistiwa maka kamu wajib menggunakan tranportasi penyebrangan air ini. Selain itu juga ada beberapa masyatakat yang masih menggunkan sampan kecil untuk menyebrang dan ini hanya berlaku untuk kita yang tidak berkendara. Yang menggunkan kendaraan roda dua dan roda empat wajib menggunkan prasarana tersebut. Selain itu bahkan untuk MCK (Mandi, Cuci dan Kakus).

Daribeberapa contoh diatas yang sering saya lihat, dapat kita ketahui bahwa sumber daya air memiliki potensi yang cukup besar baik itu untuk membangun sebuah usaha, ataupun sebagai pembangkit listrik, hingga kebutuhan sehari-hari. Selain itu juga masih banyak sekali contoh yang lain yang tidak saya sebutkan satu-persatu. Tetapi intinya bahwa dengan begitu kita dapat langsung merasakan potensi sumber daya air yang ada di permukaan bumi. Hal ini tentu saja bisa membuat kita semua Sejahtera Dengan Air. (PO)




Sumber Gambar :
https://www.facebook.com/groups/gerakan.senyum.kapuas/photos/
Share.

About Author

Bukan blogger pemula, tetapi juga bukan blogger mastah. Hanya seorang blogger Pontianak yang senang berbagi cerita pribadi di dunia maya. Selain itu saya juga suka melakukan review suatu produk. http://www.priangga.web.id/jasa-review-berkualitas Kerjasama email ke: priangga9903@gmail.com

100 Comments

  1. air itu sumber utama kehidupan, baik di darat, apalagi di laut, air penyokong utama kehidupan baik itu flora dan fauna bahkan puncak tertinggi rantai makanan yaitu manusia takkan sejahtera tanpa air, nice post for me

    • Maka dari itu mbak kita harus berbagi Edukasi tentang pemanfatan dan sumber daya air. Di indonesia ini soalnya untuk air sangat luas sekali, apalagi di tempat saya Kalimantan Barat.

  2. wah air itu sumber nyawa banget utk semua makhuk hidup,
    gk kbayang klo ketersediaan air berkurang apa jadinya nanti :'(

    makanya kita manfaat kan ketersediaan air itu dengan baik dan benar 😀
    beruntung bagi yang masih dengan mudah mendaptkan air pdhl di beberapa bagian negera di seluruh dunia ada saja yang susah mendapatkan air 🙁

    • yupz benar gan, seperti yang saya bilang di artikel di atas.
      ya itulah kita dari sekarang harus bisa peduli gan, mulai dari diri sendiri dulu deh, dan abis itu kita bisa berkontribusi di gerakan positif seperti yang adakan di kota saya…

      ya gan memang harus kita manfaatin ketersedian air dgn benar dan bijak.,
      nah itu dia gan benar banget yang agan bilang..
      terimakasih sudah berkomentar dan berkunjung ke blog saya gan 🙂

  3. Ga kebayang juga ya,.. bagaimana kalau air itu susah didapat terutama air bersih..
    artikel yang sangat berguna mas bro..
    terimakasih untuk pencerahannya…

  4. Memang kurangnya kesadaran masyarakat akan pedulinya lingkungan bisa jadi penyebab hilangnya air bersih, saya mendung bgt deh mas priangga kalo ini d jdikan acuan.. 🙂

    • iya mbak bener sekali, maknya kita harus peduli, dan di kota saya sekarang akan di adakan kegiatan yang semoga saja membuat warga Indonesia lainya ikut melakukanya..
      terimkasih mbak 🙂

  5. Air memang sumber kehidupan bagi makhluk hidup di dunia ini 🙂 maka dari itu kita harus menjaga air itu dengan baik dan jangan dicemari dengan apapun, dan ajak masyarkat juga untuk menjaganya supaya naka dan cucu kita nnti bisa merasakan indahnya air 🙂

  6. smua makhluk hidup ketergantungan dengan air, jangan sampai air yang kita dambakan sebagai kebutuhan sehari hari menjadi tercemar. semangat buat sobat" peduli air bersih. and sukses slalu buat admin. salam dari fitri blogger

  7. Kalo pemerintahnya memang serius menangani, insya Allah rakyat bisa dan mau digerakkan ya 🙂
    Moga makin bersih lingkungannya ya 🙂

  8. Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Priangga.

    Air amat dibutuhkan untuk hidup. Tanpa air banyak kehidupan mati dan kita tentu tidak selesa untuk beraktivitas. malah air sangat baik untuk diet bagi mereka yang obesiti. Hargai air untuk kehidupan yang sejahtera. Senang membaca informasi yang menambah ilmu dan bacaan yang bermanfaat.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak.
    SITI FATIMAH AHMAD

    • Walaikumsalaam wr.wb bu …

      Iya benar sekali bu, gak di bayangin hidup tanpa air 1 harian bu,, saya juga minimal biasa minum 2liter sehari untuk menurunkan obesitas. Yupz bu, terimakasih sudah membaca dan semoga ilmu dari tulisan ini bermanfaat bu 🙂

      Salam sejahtera juga dari Pontianak, Kalimantan Barat. ^_^

  9. Thanks banget, tulisannya bagus dan tentunya bermanfaat 🙂
    Air merupakan salah satu sumber kehidupan, kita harus bisa menjaganya 🙂

Leave A Reply