Harapan Anak Desa Untuk PLN Agar Lebih Baik Kedepanya

Harapan Anak Desa Untuk PLN Agar Lebih Baik Kedepanya
Perkenalkan nama saya adalah Priangga Otviapta. Pada kesempatan kali ini melalui blog personal saya ini akan memberikan ide-ide yang sudah ingin sejak lama saya curahkan. Kebetulan dengan adanya lomba yang di adakan oleh PLN dan BlOGdetik saya sangat berterimakasih, setidaknya saya dan kawan-kawan blogger yang punya ide bisa menyampaikan melalui media blog pribadi.
Saya adalah seorang mahasiswa yang berasal dari Desa Tanjung Sari, Kecamatan Nanga Pinoh , Kalimantan Barat. Sekarang saya sendiri sedang kuliah dan merantau ke kota Pontianak. Ide yang saya ingin sampaikan kepada PLN adalah mengenai pelayanan saja. Kita ketahui bersama PLN merupakan PT terbesar di Indonesia yang sudah lama bergerak dari abad 19, yang menangani kelistrikan di negri nusantara Indoneisa.
Dari mulai kota besar hingga pedesaan sudah merasakan manfaatnya, tetapi tidak sedikit pula yang tidak merasakan. Kita bisa liat di berita di tv ada beberapa daerah yang susah terjangkau oleh PLN. Ini juga sempat saya rasakan dan hingga sekarang saya masih bisa saya lihat dimana tempat yang tidak bisa merasakan listrik dari PLN.
Di dekat desa saya yang jauh dari kota Pontianak masih banyak warga yang mengeluh, tidak tau harus melapor kemana. Walau sudah berusaha, tetapi respon selalu lama dan tidak juga di kerjakan. Entah ini di sebabkan oleh oknum mungkin. Semoga saja dengan tulisan ini PLN mendengar saya dan bisa menghubungi saya untuk menanyakan daerah-daerah mana saja yang belum merasakan listrik, kususnya di dekat desa saya.
Lanjut dari cerita di atas sekarang saya beralih ke desa saya sendiri. Desa saya ini merupakan desa dimana sayuran dan bahan pangan dibawa ke pasar di kota Nanga Pinoh. Tetapi anehnya untuk masalah Listrik terkadang ada jadwal hidup dan matinya. Saya pernah merasakan mati listrik 12jam dari 1 hari dan hingga di tahun 2014 ini itu masih saya alami ketika pulang ke desa tercinta saya. Bukan hanya 12jam saja, bahkan 24 jam juga sering. Yang membuat kesal adalah ketika menghubungi PLN di kota saya melalui telepon nomor nya tidak bisa di hubungi. Entah takut atau gimana dengan keluhan masyarakat, tetapi sebenarnya kami ingin listrik itu hidup saja tidak lebih. Karena jika tidak hidup saya merasakan sedih, dan tahukah kalian apa yang membuat saya sedih ketika mati lampu di desa saya itu ???
berikut ini yang saya rasakan sebagai pemuda yang tinggal di desa, diantaranya adalah :
1. Miris melihat kumandang azan yang tidak bisa terdengar dan hanya bisa mengandalkan alarm hanphone untuk melihat jadwal kemudian pergi ke mesjid. Hal ini menjadi masalah juga ketika bulan puasa datang, buka puasa dan saur kami sekeluarga sering telat, bukan hanya kami tentu banyak orang yang merasakan ini.
2. Kasian melihat adik saya dan kawan-kawanya yang ingin belajar mengaji di malam hari. Ketika lampu padam mereka tidak mengaji, adapun jika mengaji hanya memakai lampu sederhana yang di buat dari botol bekas yang di isi minyak tanah dan di buat sumbu untuk menerangi.
3. Jikalau ada PR dari guru mereka susah belajar. Walau sekarang sudah maju dan banyak di jual lampu-lampu yang bisa di cas, tapi itu bukan solusi terbaik. Apalah guna kita sebagai rakyat kecil sudah membayar tetapi ketika malam hari anak-anak di desa kami tidak bisa menikmati listrik.
4. Melihat orang tua yang susah mengairi lahan perkebunan dan pekerjaan rumah tangga jika listrik tidak hidup. Walau sekarang ada alat pembangkit listrik dan itu mudah di beli, tetapi orang di desa kami tidak mungkin setiap rumah membelinya, karena keterbatasan biaya.
5. Harus menunggu tidak pasti ketika ingin membuat surat di balai desa, karena tanpa listrik PLN perangkat komputer tidak bisa beroprasi untuk membuat dan mencetak berbagai keperluan, dan akhirnya harus di ketik manual menggunakan mesin ketik.
6. Sering pergi ke kota hanya ingin mengisi daya hanphone ataupun laptop, bukan jarak yang sebentar, saya membutuhkan waktu hingga 30menit untuk ke kota. yang aneh kenapa di kota listrik normal di desa kami tidak.
7. Ada hujan tidak deras lampu  padam. bukan hanya 1-2 jam tetapi seringkali listrik mati hingga pagi hari. Ini membuat sebagian para pengusaha rumahan, seperti membuat kue jajanan libur, dan tidak bisa mendapatkan rejeki karena jualanya tidak bisa di jual karena tidak dibuat.
8. Kasian kepada orang tua saya, dan yang lainya, jika ada tugas kantor yang di kerjakan dengan laptop harus bela-belain ke kota dulu dan membawa kerjaanya di malam hari yang harusnya bisa di kerjakan dirumah sendiri tetapi harus ke warnet.
9. Merasa kasian melihat desa tetangga yang belum bisa merasakan listrik. padahal mereka layak mendapatkan itu untuk memajukan diberbagai aspek pekerjaan mereka.
10. Ketika ada acara hajatan (nikanan, khitanan, yasinan, selametan) harus membayar mahal kepada pihak ke tiga untuk mengatasi listrik yang tiba-tiba padam.
Itulah beberapa yang saya rasakan, begitu mirisnya ketika listrik padam dan semua membuat saya dan yang mengandalkan tenaga listrik tidak bisa bekerja dan melakukan aktifitas seperti normalnya orang di kota.
Dari hal tersebut saya memutuskan mencurahkan semua ide untuk PLN di sini. Mungkin sederhana tapi inilah yang harus dilakukan PLN agar semua orang bisa menikmati listrik secara adil dan tanpa ada oknum yang membuat semangat anak-anak dan pekerjaan orang yang mencari nafkah terhalang.

Dari cerita di atas berikut adalah IdeKu Untuk PLN

  • Sosialiasi dalam memanfaatkan listrik secara bijak agar ramah lingkungan sering di adakan hingga ke plosok-plosok desa.
  • Pemerataan sumber daya listrik ke setiap daerah yang susah di jangkau. Disana banyak potensi yang harus di dukung oleh PLN salah satunya dengan aliran listring yang lancar dan tidak selalu padam.
  • Pelayanan untuk petugas di tegaskan, karena setiap ada keluhan terkadang di hubungi melalui seluler telepon PLN tidak aktif.
  • Jika ada kerusakan segera perbaiki dan dihidupkan listriknya, jangan menunggu besok-besok lagi. Ini sering terjadi di desa saya.
  • Hilangkan yang namanya giliran matinya listrik ketika hari-hari penting dan hari besar agama sedang berlangsung, hal ini biasa terjadi dan hingga 2014 ini masih terjadi.
  • Adil kepada masyarakat, tidak memandang di kota ataupun kampung sekalipun. Ratakan semua listrik ketika malam dan siang hari.
Mungkin hanya itu ideku untuk PLN semoga bisa di dengar dan di lakukan dalam waktu dekat ini. Karena tanpa listrik kami merasakan gelap seperti tanpa ada kehidupan di dalamnya.
Kesimpulan

 

Saya ucapkan terimakasih kepada pihak yang sudah melaksanakan lomba blog bertema “IdeKu untuk PLN. Semoga semua ide bisa segera di wujudkan, karena mimpi kami semua mudah untuk dilakukan, apalagi sekarang Inovasi PLN sudah semakin maju, mulai dari pengisian, pengecekan bisa dilakukan di berbagai dealer ataupun secara online tanpa harus membeli langsung ke kantornya.
Sekarang sudah sangat bagus sekali cuma dari cerita saya mungkin yang perlu di perhatikan adalah orang-orang dan mesin penggerak dari sumber daya listrik di tingkatkan lagi kualitasnya biar semakin membaik. Itulah harapan anak desa untuk PLN agar lebih baik kedepanya.
Saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada BLOGdetik dan PT PLN (Persero) yang sudah memberikan wadah bagi kami selaku blogger untuk bisa memberikan ide-ide di dalam tulisan lomba blog ini. (PO)

 
Tags:

7 Comments

Add a Comment

Jasa fotografer viapuccino studio
Viapuccino Studio, Rekomendasi Jasa Fotografi Terpercaya di Pontianak
Ini Dia Rekomendasi Jasa Penulisan Artikel SEO Friendly Murah dan Berkualitas
Artikelajaib.com: Rekomendasi Jasa Penulisan Artikel SEO Friendly Murah dan Berkualitas
Shopback, Tempat Dapatin Voucher Dan Casback Belanja Online
Shopback, Tempat Dapatin Voucher Dan Casback Belanja Online
Review Aplikasi MyJNE
Asyiknya Pakai Aplikasi MyJNE
ASUS Mengundang Fans Indonesia untuk Menciptakan Video Iklan ZenFone 3
ASUS Mengundang Fans Indonesia untuk Menciptakan Video Iklan ZenFone 3
ZenPower Ultra, PowerBank dengan Cadangan Daya Ultra Besar
ASUS ZenFone 3 Max, Telah Hadir di Indonesia
ASUS VivoBook Flip TP201, Semakin Fungsional dengan Ragam Teknologi Baru
ramadhan sale dari lazada indonesia
Belanja Kebutuhan Ramadhan dan Lebaran Terbaru Anda di Lazada
voucher 50rb Hargadunia.com
Hargadunia.com Solusi Tepat Untuk Anda yang Suka Belanja Online dari Luar Negeri
futurenet
Futurenet Indonesia dan Malaysia Siap Menjadi Rumah Baru Bisnis Affiliate
Benda-benda Yang Wajib Kamu Gunakan Agar Tetap Tampil Keren
Benda-benda Yang Wajib Kamu Gunakan Agar Tetap Tampil Keren