Pemanfaatan Cloud Computing Untuk Masa Depan

The Future of IT
The Future of IT
Berbicara masalah masa depan tentu saja kita akan membahas nasib untuk beberapa tahun yang akan datang baik untuk kehidupan orang banyak ataupun dari sisi teknologi agar bermanfaat seperti yang kita harapkan bersama. Sebelum berbicara lebih jauh tentang “The Future of IT” saya akan memperkenalkan diri saya terlebih dahulu. Nama saya sejak kecil sering di panggil dengan sebutan ‘nanak’ yang sebarnarnya ini bukan nama sesuai akta kelahiran saya. Panggilan kecil ini diberikan oleh nenek saya yang katanya panggilan sayang. Adapun nama saya sebenarnya adalah Priangga Otviapta, saya lahir tanggal 03 Maret 1994 di Sintang. Saya tinggal di Kalimantan Barat tepatnya di Desa KKLK Tanjung Sari Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat. Di tempat inilah saya banyak menikmati masa kecil hingga akhirnya sekarang saya kuliah di bidang yang sangat saya sukai.
Dunia IT merupakan bidang yang sangat saya sukai, itulah alasan ketika SMK saya mengambil jurusan TKJ ( Tenik Komputer dan Jaringan ) dan Hingga kuliah D3 saat ini masih mengambil jurusan yang berkaitan dengan dunia IT. Memang jika dilihat dari dulu ketika saya masih kecil hingga sekarang yang sudah beranjak dewasa dunia IT bagi saya merupakan dunia yang akan memajukan di berbagai aspek kehidupan. Ketertarikan ini akan terus saya kembanggkan hingga saya mencapai puncak dan bisa membanggakan ke dua orang tua saya tentunya.
Mimpi saya kuliah setelah D3 adalah mendapatkan beasiswa, mungkin itu hanya khayalan anak desa seperti saya, tapi sekarang itu bukan sebuah mimpi yang tidak mungkin di raih, dengan adanya social media setidaknya sekarang saya bisa meraih mimpi itu dengan mengikuti lomba yang di adakan oleh @EreshaSchool. Bila rejeki tidaklah kemana, bahkan saya orang desa yang berasal dari Kalimantan Barat bisa saja kuliah di Jakarta dengan mengikuti lomba yang bertemakan “The Future of IT”. Kebetulan saya suka ngeblog dan suka dunia IT maka saya akan membahas bagaimana Masa Depan IT dimata anak desa seperti saya yang memiliki cita-cita dan harapan tinggi di bidang IT dan semoga saya juga bisa melajutkan kuliah saya di @EreshaSchool dengan modal blog priangga.web.id dan hasil tulisan saya ini.
Itulah sedikit perkenalan yang bisa saya sampaikan, jika anda punya cita-cita dibidang yang saya minati mari kita bangun Indonesia di bidang IT. Berbicara masalah di dunia IT tentu saja saya akan menjuru ke pemanfaatan cloud computing untuk masa depan. Cloud Computing (Komputasi awan) adalah gabungan pemanfatan teknologi komputer (Komputasi) dan pengembangan yang berbasis Internet (Awam).
Sourche : http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan

Dengan adanya metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringa komputer dimana di dalam Cloud Computing juga merupakan abstaksi dari infrastruktur kompleks komputasi yang di sembunyikan.  Ia adalah suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan (as a service), sehingga kita sebagai pengguna (user) dapat mengaksesnya lewat Internet tanpa mengetahui apa yang ada didalamnya, ahli dengannya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya. Menurut sebuah makalah tahun 2008 yang dipublikasi IEEE Internet Computing “Cloud Computing” adalah suatu paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain.

Bagaimana sudah tau kan sekarang apa itu Cloud Computing ???? dari ulasan di atas kebutuhan akan internet sekarang semakin tinggi. Cari informasi ke internet, belanja online di internet, dan daftar kuliah juga bisa melalui internet. Hal ini tentu saja meningkatkan kebuthan akan cloud computing. Teknologi layanan penyimpanan data ini kian marak digunakan oleh perusahaan-perusahaan di dunia dan di Indonesia.Di Indonesia teknologi Cloud Computing telah digunakan walaupun masih dalam skala kecil dan menengah. Tetapi untuk kedepannya teknologi ini pasti akan di terapkan dari berbagai aspek, untuk mempermudahkan dan menghemat biaya dalam oprasional. Berikut beberapa pemanfaatan teknologi ini :

1. Converter File Online

Aplikasi ini untuk mengkonvert data secara online tanpa bersusah-susah kita harus menginstal terlebih dahulu di perangkat komputer kita. Salah satu cara praktis ini tentu saja dengan mengkonvert data tersebut agar bisa dibuka sempurna dalam komputer kita. Sebagai contohnya jika kita akan mencetak di sebuah rental komputer yang menggunakan Windows. Sedangkan kita menggunakan dokumen dari Open Office yang tentu saja tidak bisa dibuka di komputer Windows secara langsung. Jika anda mengalami hal ini dan tidak mempunyai software untuk mengkonversinya, aplikasi online dari Docspal ini bisa anda andalkan.
Keunggulannya diantaranya :

  • tidak hanya bisa mengkonvert tetapi juga bisa melihat (view)
  • support berbagai macam format dokumen, image, audio, video, e-book dan archive
  • gratis

 

Dan masih banyak sekali contoh Converter File Online yang bisa kita dapatkan di internet, anda tinggal cari saja di search engine dan ini merupakan Pemanfaatan Cloud Computing.

2. Photo Editor Online

Apakah anda sering mengedit foto online??? Walau tidak senyaman menggunakan apliaksi terpopuler seperti Adobe Photoshop atau GIMP, tapi aplikasi photo editor online ini juga bisa diandalkan loh. Program Photo editor identic dengan penggunaan memory yang berat sehingga akan mengurangi beban memory tapi jika berada di website kita hanya membutuhkan koneksi yang stabil untuk mengaksesnya. contoh Aplikasi ini adalah buatan PIXLR. Silakan kunjungi link http://pixlr.com/editor/. jika anda ingin mencoba menggunakannya.

 

3. Penggunaan Cloud Computing untuk Perguruan Tinggi

Di perguruan tinggi yang sudah maju tentu saja akan menerapkan Cloud Computing untuk  Sistem informasi akademik digital, salah satu contoh penerapan cloud computing adalah SIAKAD ONLINE, ini dapat kita akses jika kita merupakan mahasiwa-mahasiswi dari perguruan tinggi yang kita maksud tersebut.

Sourche Screen Shoot from :  stmikeresha.ac.id

Dengan adanya siakad online seperti gambar di atas yang saya beri tanda dengan kotak merah, untuk kamu yang sudah berstatus sebagai mahasiswa aktif ErashaSchool tentu saja akan bisa merasakan manfaatnya langsung. Siakad Online merupakan penyedia jasa layanan cloud computing khusus di bidang pendidikan level perguruan tinggi contohnya yang saya ambil seperti yang ada di ErashaSchool. Pihak kampus sebagai pengguna cukup melakukan pendaftaran secara online. Setelah mendapat konfirmasi dari pihak penyedia layanan, pihak kampus dapat langsung menggunakan sistem informasi akademik dengan fitur-fitur yang telah disediakan oleh penyedia layanan.

Sistem Siakad Online menerapkan cloud computing model SaaS. Penggunaan sistem ini tidak membutuhkan adanya pembelian server atau pembuatan aplikasi yang begitu rumit dan membutuhkan keahlian dan biaya oprasional yang sangat mahal. Pengguna juga tidak perlu memikirkan atau mengeluarkan biaya yang besar untuk pemeliharaan server dan aplikasi cukup ada koneksi internet kita sudah bisa masuk ke Siakad Online tersebut. Semua itu sudah menjadi tanggung jawab pihak penyedia layanan.

Dengan demikian, penerapan cloud computing dapat dijadikan sebagai salah satu solusi bagi institusi pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan biaya yang murah tapi bukan murahan dan saya sendiri bangga dengan EreshaSchool yang sudah menerapkan teknologi ini untuk mengembangkan TI di Indonesia.

Dari beberapa pemanfaatan Cloud Computing Untuk Masa Depan di atas yang sudah saya sebutkan tentu saja kita sadar akan pentingnya belajar di dunia IT, yang membuat kita bisa membanggakan sekaligus memberi kebaikan untuk orang banyak.  The Future of IT dengan Cloud Computing  tentu saja akan berkembang pesat untuk kedepannya, jadi kita harus bisa berperan di dalamnya untuk memajukan dunia IT di Indonesia.

 

20 Comments

Add a Comment

Jasa fotografer viapuccino studio
Viapuccino Studio, Rekomendasi Jasa Fotografi Terpercaya di Pontianak
Ini Dia Rekomendasi Jasa Penulisan Artikel SEO Friendly Murah dan Berkualitas
Artikelajaib.com: Rekomendasi Jasa Penulisan Artikel SEO Friendly Murah dan Berkualitas
Shopback, Tempat Dapatin Voucher Dan Casback Belanja Online
Shopback, Tempat Dapatin Voucher Dan Casback Belanja Online
Review Aplikasi MyJNE
Asyiknya Pakai Aplikasi MyJNE
ASUS Mengundang Fans Indonesia untuk Menciptakan Video Iklan ZenFone 3
ASUS Mengundang Fans Indonesia untuk Menciptakan Video Iklan ZenFone 3
ZenPower Ultra, PowerBank dengan Cadangan Daya Ultra Besar
ASUS ZenFone 3 Max, Telah Hadir di Indonesia
ASUS VivoBook Flip TP201, Semakin Fungsional dengan Ragam Teknologi Baru
ramadhan sale dari lazada indonesia
Belanja Kebutuhan Ramadhan dan Lebaran Terbaru Anda di Lazada
voucher 50rb Hargadunia.com
Hargadunia.com Solusi Tepat Untuk Anda yang Suka Belanja Online dari Luar Negeri
futurenet
Futurenet Indonesia dan Malaysia Siap Menjadi Rumah Baru Bisnis Affiliate
Benda-benda Yang Wajib Kamu Gunakan Agar Tetap Tampil Keren
Benda-benda Yang Wajib Kamu Gunakan Agar Tetap Tampil Keren