Bagaimana Nasib Jamu Indonesia di Era Globalisasi ?

Bagaimana Nasib Jamu Indonesia di Era Globalisasi ?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +
Jamu Indonesia

Indonesia yang kaya akan rempah-rempah tentu saja menyimpan berbagai olahan yang sudah terkenal dari zaman penjajahan dulu, salah satu olahan yang hingga saat ini masih menjadi alternatif pengobatan tradisional bagi masyarakat Indonesia adalah jamu. Mungkin sebagian orang sekarang jarang sekali melihat pengolahan jamu tradisional, dan jenis-jenis jamu itu sendiri, ini terlihat di jaman yang sudah serba canggih sudah sangat jarang sekali kita menemukan jamu gendong, mungkin hanya segelintir orang yang beruntunglah yang bisa menemukan jamu gendong yang dibawa oleh ibu-ibu.

Hal ini disebabkan karena era globaliasi semakin cepat, karena jaman semakin praktis jadinya semua orang sekarang sudah beralih ke obat-obatan yang lebih modern.

Tapi tahukah kamu ??? Jamu merupakan warisan turun-temurun yang harus kita jaga dan lestarikan bersama, agar anak cucu penerus kita tahu gimana pengobatan herbal yang sudah ada sejak jaman penjajahan dulu. Biar kamu tidak penasaran dan semakin tahu tentang Jamu, saya akan menjelaskannya kepada anda lebih dalam lagi.

 

Apa Itu Jamu ?

Jamu adalah sebutan untuk obat tradisional yang berasal dari Indonesia. Belakangan populer dengan sebutan herba atau herbal. Jamu dibuat dari berbagai bahan baku alami yang mudah didapatkan, baik berupa dedaunan, akar-akaran dan kulit batang. Selain itu ada juga yang menggunakan bahan dari tubuh hewan, seperti empedu kambing, ular atau tangku buaya. Seringkali kuning telur ayam kampung dipergunakan untuk campuran jamu gendong.
Pada umumnya jamu itu rasanya pahit sehingga jika ingin mengkonsumsinya perlu ditambah sedikit madu yang berguna sebagai pemanis supaya rasanya lebih dapat ditoleransi bagi para peminumnya. Selain madu ada pula buah-buahan yang bisa mengurangi rasa pait tersebut, buah yang dimaksud ini adalah anggur, selain gunanya mengurangi rasa pahit pada jamu, anggur juga berfungsi sebagai untuk menghangatkan tubuh layaknya seperti jahe.Rasa yang disebabkan oleh campuran beberapa bahan herbal inilah yang menyebabkan rasa pahit tersebut, walaupun terasa pahit inilah ciri khas rasa jamu yang dihasilkan, untuk yang ingin mengkonsumsi jamu dan ingin sehat dengan bahan yang serba herbal jadi harus menerima rasa yang dihasilkan, demi kesehatan ini tentu bukan masalah yang begitu bermasalah.

Baca juga:  Tips Memilih Rumah Idaman Di Kota Metropolitan

Aneka Jamu Tradisional di Indonesia

Jamu adalah salah satu warisan budaya Indoneisa yang masih bisa bertahan hingga saat era globaliasasi. Minuman obat sehat dengan bahan dasar rempah yang racik ini mungkin masih menjadi pilihan bagi sebagian besar masyarkat tradisional di samping maraknya produk obat-obatan yang bermunculan di Indoneisa.Walaupun di era globasisai saat ini sudah banyak jamu kemasan dari pabrik yang kian marak di pasaran, namun banyak juga yang jamu-jamu racikan alami Indoneisa yang masih sangat digemari di pasaran. Apa aja sih jejamuan itu ???? Yuk mari kita kenali jamu-jamu alami asal Indonesia yang manfaatnya baik bagi kesehatan tubuh kita.

  1. Jahe
  2. Beras Kencur
  3. Paitan
  4. Kunci Sirih
  5. Kunyit Asam
  6. Jamu Gepyokan
  7. Jamu Cabe Lempuyang
Dan masih banyak lagi, untuk berbagai macam olahan jamu lainya anda bisa klik Disini untuk lebih detailnya dan mempelajarinya.


Peluang Bisnis Jamu

Dari pembahasan di saya diatas dapat kita manfaatkan momen ini untuk usaha, selain menguntungkan secara ekonomi, kita juga sudah membantu dalam melestarikan jamu yang ada di Indoneisa, Benar begitu bukan ????
Sebelum di temukan obat-obatan kimiawi secara medis kedokteran jamu sudah diketahui sebagai obat tradisional yang mujarab dan alamai untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.Seiring dengan era globalisasi di dunia, jamu menjadi bentuk yang mudah di konsumsi serta mencampurkan unsur-unsur lama lainya guna menghilangkat dari rasa pahit jamu tersebut. hal ini dilakukan oleh beberapa perusahaan jamu yang telah menggunakan teknologi untuk “memodifikasi” jamu guna melestarikan dan mengembangkan jamu yang “modern” dengan kemasan kapsul, sachet, hingga permen yang bisa dikonsumsi tanpa harus khawathir akan rasa pait yang terdapat dalam jamu itu sendiri.

Oleh karena itu anda yang merasa cinta akan warisan Indonesia tidak ada salahnya untuk mulai memikirkan peluang bisnis  jamu yang menguntungkan yang banyak di cintai oleh seluruh orang dinusantara. Memodifikasi jamu tidak hanya sebatas yang sudah saya tulis sebelumnya, tetapi anda juga bisa memodifikasi menjadi bahan makanan ataupun minuman.Makanan dan minuman yang terbauat dari bahan dasar jamu alamiah mempunyai potensi bisnis yang sangat menguntungkan. Contoh sederhana nya adalah roti kering jahe (Zingiber Officinale) merupakan makanan sehat yang terbuat jahe. Sebagian orang mengkonsumsi jahe secara tradisional tidaklah semua orang menyukainya karena rasanya yang pedas, oleh karena itu dengan mengolah secara modern orang akan lebih mudah dan suka mengkonsumsi “roti jamu” tersebut.

Baca juga:  Tips Bikin Video Tutorial Ngehits
Dari pembahasan tentang “peluang bisnis jamu” dapat kita tarik kesimpulan bahwa jamu yang mendapatkan sentuhan inovasi modern menjadikan peluang bisnis ini sangat menguntungkan, karena membuat jamu yang modern dengan bahan alami akan lebih mudah diterima di pasaran. Oleh karena itu kita sebagai orang Indoneisa yang memang kaya dengan berbagai macam jenis jamu tradisional perlu berinovasi hingga bisa mengasilkkan produk makanan dan minuman sehat. Mungkin saja dengan membaca ulasan saya ini anda bisa membuat inovasi-inovasi baru yang akan membanggakan Indonesia serta ikut pula dalam melestarikannya, Mungkin setelah ini anda berfikir akan membuat “sate jamu” atau “nasi jamu” dan produk tersebut akan laris dipasaran, tidak ada hal yang tidak mungkin. Dengan begini peluang bisnis jamu herbal sangat menarik kan ???? Berinovasilah !!!

Kenapa Harus Jamu ?

Sebagai orang Indoneisa tentu saja kita harus bangga dengan adanya warisan yang diturunkan kepada kita, maka daripada itulah sudah menjadi tugas kita sebagai penerus dalam melestarikan kekayaan yang dimiliki di negri nusantara ini. Salah satunya dengan mengkonsumsi jamu sebagai obat-obatan herbal yang terbukti ampuh mengobati banyak penyakit serta melestarikannya dengan ide-ide yang cemerlang. Dengan begitu kita bisa membawa nama Indonesia di berbagai negara lain, dengan hasil modifikasi dan inovasi anak negeri.
Lestarilah Jamu Indoneisa !!!Daftar pustaka dan Referensi Tulisan :
http://biofarmaka.ipb.ac.id/brc-upt/brc-ukbb/bccs-collection
http://biofarmaka.ipb.ac.id/publication/journal

Share.

About Author

Bukan blogger pemula, tetapi juga bukan blogger mastah. Hanya seorang blogger Pontianak yang senang berbagi cerita pribadi di dunia maya. Selain itu saya juga suka melakukan review suatu produk. http://www.priangga.web.id/jasa-review-berkualitas Kerjasama email ke: priangga9903@gmail.com

46 Comments

  1. sekarang udah jarang orang yang jualan jamu, mungkin masih bisa dihitug dengan angka kalo didesaku sih :3
    soalnya sekarng orang beli jamu suka yang instan, beli diwarung kalo gk dibawa kedokter, maklum lahh orang skarang kan pada kaya-kaya (kecuali saya) hahaaa :v

  2. Saya pribadi berkeyakinan jamu akan tetap eksis; bukan hanya di negeri sendiri, tapi terus akan mendunia. Bukan begitu harapan kita?
    Terlebih, dewasa ini sudah mulai banyak industri kreatif yang berani berinovasi terhadap produk-produk yang mereka produksi, tak terkecuali jamu. Yang penting sudut pandang kita terhadap jamu itu ya, Sob? Hehe.. I'm proud to be Indonesian's people.. 🙂

    • Ya itulah harapan saya mas, semoga aja jamu dapat kita lestarikan hingga bisa menjadi sumber penghasilan bagi kita yang kreatif
      Yupz sudut pandang kita harus bisa maju dan berinovasi tentunya mas 🙂
      tnks mas 😉

  3. jamu tradisional dengan jamu jaman sekarang tentu beda, kalo jamu tradisional pasti dibuatnya dengan bahan2 yang alami dan tentunya manjur , kalo jaman sekarang pasti ada saja campuran bahan kimia nya..

    sayang sekali jamu tradisional kalah dengan jamu modern,.
    seandainya pemerintah bisa mempertahankan jamu tradisional di indonesia..hmmm

    • iya mas benar sekali, maka dari pada itu kita sebagai penerus bangga harus bisa mempertahankan jamu yang alami 🙂

      Maka daripada itu saya memberi tulisan bisnis jamu itu bisa menghasilkan semoga bisa mendorong untuk berbisnis jamu dan agar selalu di dukung oleh pemerintahan kita mas 😉

  4. jamu tradisional dengan jamu jaman sekarang tentu beda, kalo jamu tradisional pasti dibuatnya dengan bahan2 yang alami dan tentunya manjur , kalo jaman sekarang pasti ada saja campuran bahan kimia nya..

Leave A Reply